Otak Depan ( Prosencephalon / Forebrain )

Diposting pada
Pada bagian depan otak manusia, terdapat bagian paling menonjol yang disebut otak besar atau serebrum (cerebrum). Serebrum terbagi menjadi belahan (hemisfer) serebrum kanan dan kiri. 

Permukaan luar serebrum (korteks serebrum) berwarna abu-abu karena banyak mengandung badan sel syaraf. Selain itu, pada bagian dalam (medulla) otak depan terdapat lapisan yang berwarna putih karena mengandung dendrite dan akson.

Otak depan manusia tersusun atas 2 lapisan, yaitu lapisan luar (korteks) dan lapisan dalam. Lapisan luar merupakan lapisan tipis berwarna abu-abu, berisi badan sel saraf. 

Otak Depan

Permukaan lapisan korteks belipat-lipat  sehingga permukaannya menjadi lebih luas. Pada lapisan korteks, terdapat berbagai macam pusat saraf.

Sementara itu, lapisan dalam otak berwarna putih, banyak mengandung serabut saraf, yaitu dendrite dan neurit.

Area di otak ini yang juga penting adalah hipotalamus dan thalamus. Hipotalamus merupakan daerah kecil yang terletak di dasar otak depan dan memiliki berat beberapa milligram.

Fungsinya sebagai pusat pengatur homeostatis tubuh, misalnya, berkaitan dengan pengaturan suhu tubuh, rasa haus, rasa lapar, dan kenyang, pengeluaran urin, pengaturan pengeluaran hormon dari kelenjar pituitary bagian anterior dan posterior, serta perilaku reproduktif.

Talamus terletak di sebelah atas hipotalamus, berperan sebagai stasiun relay informasi sensori yang dikirim ke otak besar. Jadi, thalamus akan menyeleksi dan menyalurkan impuls-impuls sensorik penting menuju ke otak besar.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai kedua bagian penting otak ini, berikut uraian selengkapnya.

  1. Talamus
  2. Hipotalamus
]]>

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *