Otak Manusia

Diposting pada
Otak Manusia

Pengertian Otak Manusia

Otak (encepbalon) adalah organ tubuh paling kompleks yang kita miliki. Pada umum-nya, otak manusia ini memiliki berat sekitar 1,5 kg atau 2% dari berat tubuh. 

Kerja otak dipengaruhi oleh glukosa dan oksigen serta mampu menyerap sekitar 20% oksigen dalam tubuh. Pada saat bayi baru lahir, ukuran otaknya adalah ¼ dari ukuran otak manusia dewasa.

Jumlah Sel Otak Manusia

Semua otak manusia semenjak lahir telah memiliki sekitar 100 miliar sel otak aktif yang di dukung oleh 900 miliar sel lainnya. Jika angka tersebut dijumlahkan, maka total sel otak dalam kepala manusia adalah 1 triliyun!

Jumlah koneksi sel otak manusia diperkirakan mencapai 100 triliyun, yang mana melebihi perkiraan jumlah atom di alam semesta. Koneksi antar sel otak digunakan dan dilatih terus menerus secara optimal. Semakin sering otak digunakan dan dilatih, maka semakin banyak koneksi sel otak yang terbentuk.

Berat Otak Manusia

Otak manusia dewasa beratnya rata-rata sekitar 1,5 kg dengan volume mencapai 1.130cm3 pada wanita dan 1,260 cm3 pada pria. Sebuah sumber lain menyebutkan bahwa massa otak laki-laki rata-rata adalah 1,2 kg dan rata-rata 1 kg pada wanita. Namun demikian, terdapat variasi individu yang substansial. Otak laki-laki rata-rata 100 gram lebih berat daripada wanita.

Fungsi Otak Manusia

Otak adalah sentral supervisori dari system saraf, fungsinya mengatur dan mengkoordinasikan sebagian besar gerakan, perilaku, dan fungsi tubuh homeostatis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh, dan suhu badan. Otak juga bertanggungjawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi, ingatan, pembelajaran motorik, dan segala bentuk pembelajaran lainnya.

Bentuk Otak Manusia

Otak terbentuk dari 2 jenis sel yang disebut sebagai glia dan neuron. Glia berfungsi untuk menunjang dan melindungi neuron, sedangkan neuron membawa informasi dalam bentuk pulsa listrik yang dikenal sebagai potensi aksi.

Keduanya berkomunikasi dengan neuron lain dan menuju ke seluruh tubuh dengan mengirimkan berbagai macam bahan kimia yang disebut neurotransmitter.

Neurotransmitter dikirimkan pada celah yang dikenal sebagai sinapsis. Hewan vertebrata, seperti serangga, mungkin mempunyai jutaan neuron pada otaknya, sementara vertebrata besar bisa mempunyai hingga 100 miliar neuron.

Pada usia 7 tahun, menurut beberapa sumber, otak seseorang sudah terikat kuat dengan 80% dari segala sesuatu yang pernah diketahuinya. Kemudian, semua pertumbuhan neural berikutnya dibangun dari jalur-jalur tersebut.

Apabila pada usia tersebut otak seseorang tidak mendapatkan stimulasi yang maksimal, maka otaknya tidak akan berkembang secara optimal.

Ketika menerima stimulus, otak yang mirip jarring-jaring ini beroperasi secara simultan. Ia melakukan proses komunikasi dari sel ke sel yang diaktifkan untuk memproses semua hal seperti warna, gerakan, bentuk, bau, bunyi, rasa, bahkan perasaan.

Seperti yang disebut sebelumnya, otak terdiri atas 2 macam sel, yaitu Glia dan neuron. Tidak ada titik terakhir neuron karena fungsinya adalah sebagai jalur penghubung informasi. Bahkan, satu neuron dapat terhubung dengan lebih dari 1000 – 10.000 sel lainnya.

Bagian bagian Otak:

]]>