Batang Otak atau Otak Reptil

Diposting pada

Batang Otak atau Otak Reptil


  Otak reptil bermula dari batang otak yang terletak di dasar otak dan terhubung dengan tulang belakang. Terletak pada dasar otak dan dibagian bawah tengkorak.

  Batang otak disebut sebagai otak reptil karena juga terdapat pada spesies reptil. Otak ini berfungsi untuk mengontrol pernapasan, denyut jantung, dan reaksi insting dalam keadaan bahaya atau terancam.
[post_ads]
   Kalau kita mendadak lari karena takut anjing, otak inilah biang keroknya.
 Perilaku yang terdapat dalam otak reptil berkaitan dengan insting mempertahankan hidup dan dorongan untuk mengembangkan spesies. Dua poin tersebut terlihat pada usaha untuk mencari makanan, tempat tinggal, bereproduksi, dan mencari perlindungan.

Batang Otak atau Otak Reptil  Batang otak juga bertanggung jawab atas pengendalian insting primitif dari wilayah pribadi sesorang seperti alasan marah, terancam, atau tidak nyaman ketika seseorang mendekati.
  Ketika kita merasa tidak aman, otak reptil ini spontan bangkit dan bersiaga atau melarikan diri dari bahaya. Inilah yang kita namakan reaksi hadapi atau lari.

  Pada masa-masa perkembangan awal manusia, inilah reaksi yang merupakan keharusan. Sayangnya, jika otak reptil ini dominan, kita tidak dapat berfikir pada tingkat yang lebih tinggi. Seseorang akan berperilaku seperti buaya, hanya bertindak berdasarkan nafsunya.

  Otak reptil aktif bila seseorang kurang tidur, terancam, takut, stress, atau pada saat kondisi tubuh dan pikiran yang lelah.
   Selanjutnya Sistem Limbik atau Otak Mamalia
]]>