Sistem Limbik atau Otak Mamalia

Diposting pada

   Pada beberapa posting sebelumnya sistem limbik sudah disinggung. Namun tampaknya perlu pembahasan tambahan untuk memberikan pemahaman lebih luas.

   Dimana kira-kira posisi sistem limbik?
   Sistem limbik yang sangat kompleks dan luas berada di sekeliling otak reptil, di bagian tengah dari otak kita.

   Sistem limbik di kenal juga dengan otak mamalia.
   Otak mamalia membungkus batang otak dengan hipotalamus dan amigdala sebagai komponen utamanya. Hipotalamus memproduksi hormon pertumbuhan, seperti testosteron dan progesteron, membuat seorang anak mulai berubah secara fisik ketika balig.

   Adapun fungsi dari sistem limbik yakni mengatur emosional dan kognitif. Sistem limbik juga mempunyai fungsi mengendalikan bioritme tubuh, seperti pola tidur, rasa lapar, rasa haus, tekanan darah, detak jantung, gairah seksual, temperatur, dan kimia tubuh, metabolisme dan sistem kekebalan.

   Selain itu juga sebagai pusat kesenangan dan bagian penting dari ingatan jangka panjang.

   Peran otak mamalia dalam proses pembelajaran sangat penting karena berkaitan erat dengan emosi dan memori jangka panjang. Sistem limbik di dalam otak mamalia berperan sebagai sakelar untuk menentukan otak mana yang akan aktif, otak reptil atau otak neokorteks.

Sistem Limbik atau Otak Mamalia   Bila sesorang dalam keadaan tegang, stres, takut atau marah, maka informasi yang diterima otak akan diteruskan ke otak reptil. Bila seseorang dalam keadaan bahagia, tenang, dan rileks, maka otak neokorteks akan aktif dan dapat digunakan untuk berfikir.

   Hal ini menjelaskan mengapa orang yang tegang saat mengerjakan ujian biasanya pikirannya akan kosong dan tidak dapat mengingat apa yang telah dipelajari sebelumnya.

  Berdasarkan penelitian otak pada dekade 90-an diketahui bahwa otak emosional ternyata memiliki kecerdasan sendiri dan mempunyai peran sentral dalam menentukan kualitas hidup seseorang, termasuk didalamnya adalah menentukan efektifitas proses belajar. Bagian ini seringkali di sebut juga dengan otaknya otak.

   Satu penemuan baru tentang otak mamalia menyebutkan bahwa meskipun kita dalam kondisi tidur, otak pada mamalia tetap bekerja untuk memperkuat daya ingat sebagaimana dikatakan oleh para ahli biologi dari Universitas Utrecht, Belanda.

   Sharon Gobes, Thijs Zandbergen dan Johan Bolhuis menyatakan adanya kesamaan aktivitas otak pada anak kuda zebra dengan anak manusia ketika tidur.

   Proses belajar mengingat atau aktivitas di otak ini sangat terlihat ketika bayi mulai belajar bicara. Selain itu, pembelajaran bahasa pada anak-anak juga meningkat ketika mereka tidur siang.

  Dilihat dari beberapa fungsi yang telah dikemukakan di atas, jelas sekali bahwa sistem limbik merupakan bagian penting bagi manusia dalam mempertahankan kehidupannya.

   Kenyataan lain membuktikan bahwa bagian otak yang mengendalikan emosi juga mengendalikan fungsi tubuh kita. Hal ini menjelaskan mengapa emosi dapat secara langsung mempengaruhi kesehatan seseorang.

  Sistem limbik adalah kontrol utama kita yang menggunakan informasi dari indra penglihatan, pendengaran, sensasi tubuh, indra peraba, dan penciuman. Kemudian informasi tersebut didistribusikan ke bagian pemikir di neokorteks.
[post_ads]
  Contoh dari fungsi sistem limbik sebagai pengatur emosi ketika sesorang melakukan sesuatu yang melibatkan emosi yang mendalam, ia mengingatnya dalam jangka panjang.

 Inilah yang kemudian menjadi alasan kenapa seseorang yang pernah mengalami patah hati sulit sekali melupakan kenangan-kenangan indah yang pernah dibuat dan dilalui bersama pasangannya.

  Kenapa demikian? Karena setiap hal atau kenangan indah terekam secara mendalam dan penuh emosional.
]]>