Fungsi Otak Kanan 2

Diposting pada


Lanjutan dari Fungsi Otak Kanan 1
Belahan otak kanan memiliki fungsi acak, tidak teratur, intuitif, dan menyeluruh. Berikut penjelasannya.

a. Berfikir Acak

Berfikir acak yang dimaksudkan di sini adalah seseorang dengan dominasi otak kanan mampu menghasilkan suatu ide atau kesimpulan tanpa melalui suatu proses berfikir kaku. Misalnya saja, dalam menghasilkan suatu karya yang indah, seorang pelukis mampu menemukan idenya tanpa harus berfikir logis. Ia cukup berimajinasi atas sesuatu peristiwa pada peristiwa yang lain, dari suatu keadaan kepada keadaan yang lain.

b. Berfikir Tidak teratur

Fungsi Otak Kanan 2 Seseorang yang lebih banyak menggunakan otak kanan, memiliki cara berfikir tidak teratur. Ia dapat langsung menemukan ide pokok suatu hal tanpa melalui tahapan-tahapan yang mudah untuk dijelaskan.

c. Berfikir Intuitif

Berfikir intuitif adalah cara untuk menemukan ide tanpa melalui proses berfikir yang dinilai orang lain rasional. Muncul begitu saja entah dari mana asalnya.

Misalnya, ketika berada dalam kamar mandi, seseorang menemukan solusi atas permasalahan yang selama ini dihadapinya. Atau, tiba-tiba kita ingin sekali menemui ibu kita dirumah tanpa ada suatu yang terjadi sebelumnya. Itulah berfikir Intuitif.

d. Berfikir Menyeluruh

Maksud dari berfikir menyeluruh adalah mampu mempertimbangkan banyak hal. Mampu melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang, berbagai aspek.

Dengan adanya fungsi otak kanan , manusia dapat berfikir bahwa yang menyebabkan banjir bukan hanya karena hujan deras, tetapi banyak faktor lain, seperti perilaku membuang sampah sembarangan di kali, hilangnya daerah serapan air, banyaknya bangunan, dan lain sebagainya.
[post_ads]
]]>