Gelombang Otak 2

Diposting pada

Lanjutan dari: Gelombang Otak 1
Kondisi gelombang otak dalam diri seseorang memang menentukan pikiran dan tingkah laku atau aktivitas seseorang sehari-hari. Konsentrasi, tekanan, energi, suasana hati, kebiasaan, perilaku, reaksi, dan lain-lain merupakan kondisi dari frekuensi gelombang otak tersebut.

Hal ini menunjukkan bahwa kondisi pikiran yang terjadi pada seseorang dapat diidentifikasi melalui gelombang yang dipancarkan oleh otak, sebab pada dasarnya, masing-masing dari gelombang otak memiliki korespondensi dengan kondisi tertentu.

Riset selama bertahun-tahun menunjukkan bahwa gelombang otak tidak hanya menunjukkan kondisi pikiran dan tubuh seseorang, tetapi dapat juga distimulasi untuk mengubah kondisi mental seseorang.

Dengan mengkondisikan otak agar memproduksi atau mereduksi jenis frekuensi gelombang otak tertentu, maka dimungkinkan untuk menghasilkan beragam kondisi mental dan emosional.
[post_ads]
Gelombang Otak 2Gelombang otak terdiri atas 4, yaitu:
4. Delta
Keempat gelombang itu terpancar dalam satu jalinan komposisi rumit yang menentukan kondisi kesadaran kita dalam suatu saat. Keseluruhan frekuensi tersebut bergabung secara acak (berinterferensi), namun dengan bantuan EEG, frekuensinya dapat dianalisis dan diuraikan satu persatu.

Dengan catatan, pada saat diukur, frekuensi yang paling dominan serta memiliki amplitude tertinggi maka itulah fase yang tengah dirasakan.

Diyakini, apabila seseorang mampu mempertahankan gelombang otak hingga lebih rendah dari beta dalam jangka waktu agak lama dan masih dalam keadaan sadar, maka manfaatnya sangat besar yaitu mampu berfikir dan produktif dengan lebih baik.

Oleh karena itu, dalam bidang sains, muncullah berbagai teknik atau peralatan yang dirancang untuk menurunkan gelombang otak.

Dalam konteks ini, ditemukan bahwa aktivitas listrik di otak akan berubah tergantung pada apa yang dilakukan orang tersebut. Misalnya, gelombang otak seseorang yang sedang tidur berbeda dengan gelombang otak seseorang yang sedang terjaga.

Selama bertahun-tahun, kita semakin mengetahui secara persis apa saja yang mewakili gelombang otak dan bagaimana pengaruhnya terhadap kesehatan.
]]>