Gelombang Theta dalam otak (frekuensi 0,5 – 4 Hz)

Diposting pada

Pengertian gelombang theta dalam otak

Gelombang Theta adalah getaran pusat syaraf (otak) yang terjadi pada saat seseorang bermimpi pada tidur ringan. Atau, juga sering dinamakan sebagai mengalami mimpi secara sadar.

Frekuensi ini dihubungkan dengan pelepasan stres dan pengingatan kembali memori yang telah lama. Kondisi senja kala (twilight) dapat digunakan untuk menuju meditasi yang lebih dalam, menghasilkan peningkatan kesehatan secara keseluruhan, kebutuhan kurang tidur dan peningkatan kreativitas serta pembelajaran.

Mimpi ditandai dengan gerakan bola mata yang cepat. Perasaan bermimpi yang terasa lama sekali, pada hakikatnya berlangsung dalam hitungan detik saja.
Mengapa mimpi terasa lama? Hal ini disebabkan ukuran waktu yang dipakai orang yang bermimpi adalah waktu ruh. Para penemu dan pencipta, musisi bekerja dalam kondisi gelombang theta.

Kondisi theta juga terjadi pada saat seseorang merasa sangat mengantuk. Tanda-tandanya, nafas mulai melambat dan dalam.
Gelombang Theta dalam otak (frekuensi 0,5 - 4 Hz)
Selain orang yang diambang tidur, beberapa orang juga menghasilkan gelombang otak ini saat trance, terhipnotis, meditasi, berdoa, menjalani ritual, atau sembahyang dengan khusyuk.

Orang yang mampu mengalirkan energi chi,prana, atau tenaga dalam juga menghasilkan gelombang otak theta pada saat latihan atau menyalurkan energinya kepada orang lain.

Dalam kondisi yang sadar, seorang anakyang normal (di bawah 12 tahun), masih dapat memiliki getaran frekuensi theta. Ini akan hilang sedikit demi sedikit di masa dewasa, kevcuali menjelang tidur.

Bayi dan balita rata-rata tidur lebih dari 12 jam dalam sehari. Itulah sebabnya mengapa otak anak-anak selalu dalam fase gelombang alpha dan theta.

Perlu diketahui , gelombang alpha dan theta adalah gelombang pikiran bawah sadar. Oleh sebab itu, anak-anak bisa dengan cepat dan mudah belajar atau mudah menerima perkataan dari orang lain apa adanya.

Gelombang otak ini juga menyebabkan daya imajinasi anak-anak luar biasa.
[post_ads]
Selanjutnya Gelombang Otak Theta dalam Otak (frekuensi 0,5 – 4 Hz) 2
]]>