Mengenal Tanaman Pegagan dan Deskripsinya

Diposting pada

Latar Belakang Tanaman Pegagan

Pada masa sekarang ini pasti banyak yang masih belum mengenal tumbuhan yang satu ini yaitu pegagan beberapa orang menyebut “kaki kuda”. Di maklum saja karena tumbuhan ini termasuk dalam tumbuhan yang liar. Dimana masih banyak pula dari masyarakat masih belum tahu dan mengerti apa saja manfaat dan kegunaan dari pegagan ini. 

Pegagan merupakan tumbuhan kosmopolit yang tersebar di daerah tropis dan subtropis. Pegagan menyebar liar dan dapat tumbuh subur di atas tanah dengan ketinggian 1- 2.500 m dpl.

Dimana tumbuhan ini sering ditemui tumbuh melimpah di tempat – tempat terbuka, seperti selokan, areal persawahan, tepi – tepi jalan, padang rumput dan lain sebagainya. 
Mengenal Tanaman Pegagan dan Deskripsinya
Namun semua itu sudah berubah karena tumbuhan yang dulu bias hidup di sembarang tempat kini terancam sulit dijumpai, apalagi ditambah kurang mengertinya masyarakat akan manfaat dari tumbuhan pegagan ini membuat budidaya untuk khusus tumbuhan ini pun jarang dijumpai di perkotaan ini.

Padahal mafaat dari tumbuhan pegagan ini sangat la luar biasa dan bagus untuk kaum muda khususnya yang bermasalah dalam hal daya ingat otak. Bahwa ternyata pegagan mampu bermanfaat sebagai obat tradisional yang bermanfaat untuk penambah daya ingat dan menjaga kesehatan tubuh bahkan pegagan ini dikenal pada akhirnya sebagai tanaman yang mewakili seluruh apotek.

Masyarakat hanya tahu bahwa pegagan hanyalah tumbuhan penggangu yang membuat semak pekarangan rumah ataupun perkebunan hingga lading masyarakat. Padahal tumbuhan ini juga memiliki nilai ekonomis yang memiliki nilai jual yang cukup tinggi bila kita olah dan kerjakan dengan teliti dan higenis.

Deskripsi Tumbuhan Pegagan.

Sebelum membahas tentang apa – apa saja manfaat yang terdapat dari tumbuhan pegagan ini, ada baiknya terlebih dahulu membahas deskripsi tanaman pegagan ini agar dapat mengetahui apa itu dan bagaimana bentuk dari pegagan itu dengan jelas.
Pegagan ( Centella asiatica ) merupakan tumbuhan merayap yang menutupi tanah, tidak berbatang, tinggi tanaman antara 10 – 50 cm, memiliki daun satu helaian yang tersusun rapi. 

Daun berwarna hijau ; berbentuk seperti kipas atau seperti ginjal ; permukaan dan punggungnya licin ; tepinya agak melengkung ke atas, bergerigi, dan kadang – kadang berambut. Tangkai daun berbentuk seperti pelepah, agak panjang, berukuran 5 – 15 cm tergantung kesuburan tanahnya.

Jumlah tangkai bunga antara 1 – 5. Bentuk bunga bundar lonjong, cekung, dan runcing ke ujung dengan ukuran sangat kecil. Sementara itu akarnya rimpang dengan banyak stolon ( akar membentuk rumpun ), berkelompok dan lama kelamaan meluas hingga menutupi tanah, merayap dan berbuku – buku. 
Mengenal Tanaman Pegagan dan Deskripsinya
Akar keluar dari buku – buku tersebut dan tumbuh menjurus ke bawah atau masuk ke dalam tanah. Akar berwarna agak kemerah – merahan. Perkembangbiakan bisa dari stolon dan bisa pula dengan biji.

Tanaman pegagan dapat diklasifikasikan sebagai berikut :

  • Regnum  : Plantae
  • Devisi      : Spermatopyta
  • Kelas       : Dicotyledon
  • Ordo        : Umbillales
  • Famili       : Umbeliferae ( Apiaceace )
  • Genus      : Centella
  • Spesies    : Centella asiatica
Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat untuk menambah wawasan tentang fakta tanaman pegagan yang sekilas seperti tidak bermanfaat bagi tubuh manusia.

“Salam Genus (Generasi Penerus)” 
]]>