Cara mengatasi berak kapur / ijo pada ayam Siam

Diposting pada


Pengertian berak kapur / ijo ayam siam

Mungkin anda pernah melihat ayam berak kapur / berak ijo, apalagi bagi anda seorang peternak ayam aduan atau ayam siam. Secara tidak sengaja terlihat anda ketika ayam kesayangan anda ternyata berak kapur / ijo. 

Nah, ketika anda menemukan suatu kejadian seperti itu, sebaiknya diatasi atau diobati segera. Karena berak kapur / berak hijau merupakan salah satu indikasi bahwa ayam siam anda sedang mengalami gangguan kesehatan, khususnya pada gangguan pencernaannya. 

Penyebab berak kapur / berak hijau

Sebab berak Kapur/ijo cair itu di sebabkan oleh mikroorganisme negatif di dalam pencernaan yang Menyebabkan kerusakan dinding usus ayam dengan ciri ayam lemas dan tidak nafsu makan.
Cara mengatasi berak kapur / ijo pada ayam Siam

Mengatasi berak hijau / berak kapur ayam siam

Nah berikut merupakan pengalaman pribadi mengobati penyakit berak kapur / Hijau cair pada ayam siam. Dengan Menerapkan Bahan Berikut :
  1. Amoxilin 1/2 Tablet
  2. Antangin 1 tablet 
  3. Paracetamol 1/2 Tablet
  4. Probiotik Herbal 10 ml
Sebelum itu marilah kita ketahui terlebih dahulu kandungan apa saja yang terdapat dalam obat dan fungsi obat-obatan tersebut.
  • Amoxillin : Mengandung antibiotik penicillin yang mampu membunuh bakteri gram negatif dan positif.
  • Antangin : Mengandung daun mint,jahe,royal jeli yang dapat menyejukkan pencernaan dan melegakan pernafasan.
  • Paracetamol : Mengandung analgesik yang dapat menghilangkan rasa Sakit. menghambat pesan rasa sakit ke otak.
  • Probiotik Herbal : Mengandung antibiotik herbal rimpang-rimpangan dan efektif mikroorganisme lactobacillus casey (bakteri baik) yang dapat memacu nafsu makan dan keseimbangan mikroorganisme dalam pencernaan unggas.

Penggunaan antibiotik dan probiotik secara bersamaan memang menyalahi aturan teori keilmuaan. Tapi bukan perdebatan yang ingin kita bahas di artikel ini. Tapi tujuan akhir nya untuk mengarah yang lebih baik untuk kesehatan ayam siam.

Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat untuk menambah wawasan anda tentang mengatasi berak kapur / ijo pada ayam siam anda. Salam GENUS (Generasi Penerus)
]]>