Taukah Anda Ternyata Uang Kertas EURO di Negara Eropa Semua Sama

Diposting pada

Ilmu Pengetahuan ( Event Zero Indonesia ) Beberapa orang pasti sudah ada yang mengenal EURO yang bila dibaca Yuro

Euro adalah suatu mata uang yang di pakai di 13 negara anggota Uni Eropa. Secara giral, mulai dipakai sejak tanggal 1 Januari 1999. Namun, secara fisik baru dipakai pada tanggal 1 Januari 2002. Uang kertas Bila ditelusuri mungkin tidak semua orang tahu khususnya rakyat Indonesia bahwa uang kertas Euro di mana-mana rupanya sama, tetapi uang logam-nya, di belakang-nya saja yang berbeda-beda. 

Diketahui bahwa uang logam setiap Negara diberi lambang-nya sendiri-sendiri. Sejak pada tanggal 1 Januari 2007, Slovenia juga menggunakan Euro sebagai mata uangnya.
Pemakaian mata uang Euro disetiap Negara ternyata dapat dipergunakan pula di Negara lain yang menggunakan mata uang Euro pula walau Negara tersebut berbeda dalam menghasilkan mata uang Euro namun produksi mata uang Euro di setiap Negara tersebut dapat dibedakan dari perbedaan yang sangat kecil namun memberikan suatu perbedaan dan tanda bahwa mata Euro ini berasal dari Negara mana khususnya dari kedua belas Negara tersebut yang tergolong dalam mata uang Euro. 
Perbedaan kecil tersebut yaitu nomor-nya, sehingga dapat diketahui asalnya dari Negara mana.
Taukah Anda Ternyata Uang Kertas EURO di Negara Eropa Semua Sama
Berikut adalah Negara-negara yang menggunakan mata uang Euro beserta tanda atau nomor sebagai pembeda disetiap Negara tersebut:
  1. Italia nomornya mulai dengan S
  2. Belanda nomornya dimulai dengan T
  3. Perancis nomornya mulai dengan Y
  4. Austria nomornya mulai dengan N
  5. Belgia nomornya mulai dengan Z
  6. Portugal nomornya mulai dengan M
  7. Spanyol nomornya mulai dengan V
  8. Luxemburg nomornya mulai dengan U
  9. Finlandia nomornya mulai dengan L
  10. Irlandia nomornya dimulai dengan T
  11. Yunani nomornya dimulai dengan Y
  12. Jerman nomornya dimulai dengan V 
Diketahui bahwa ketiga belas yang menjadi Negara anggota Uni Eropa yang menggunakan mata uang Euro sebagai mata uang mereka yaitu Italia, Belanda, Perancis, Austria, Belgia, Portugal, Spanyol, Luxemburg, Finlandia, Irlandia, Yunani, Jerman dan Slovenia
Namun beberapa Negara kecil juga memakai Euro sebagai mata uangnya seperti: Andora, San Marino, Vatikan dan Monako. Negara yang diperbolehkan memakai Euro sebagai mata uangnya, seperti Kosovo dan Montenegro.
Demikianlah artikel ini dbuat semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi anda tentang mata uang Euro.
Salam GENUS (Generasi Penerus)
]]>