Keris Adalah Salah Satu Ciri Khas Budaya Indonesia

Diposting pada

Ilmu Pengetahuan ( Event Zero Indonesia ) Hampir semua rakyat Indonesia tahu keris itu apa. Namun tidaklah salahnya kita lebih mengetahui tentang senjata keris ini. Keris merupakan salah satu senjata tikam khas Indonesia. 

Berdasarkan sebuah dokumen-dokumen purbakala, keris dalam bentuk awal telah digunakan sejak abad ke-9. Kuat kemungkinannya bahwa keris dipercaya telah digunakan sebelum masa tersebut. Keris sendiri tersebar di masyarakat rumpun Melayu. 

Pada masa sekarang, keris umum dikenal di daerah Indonesia terutama di daerah Jawa, Madura, Bali atau Lombok, Sumatera, sebagian Kalimantan serta di beberapa wilayah di Sulawesi sedangkan di Luar Negeri terdapat pula di Malaysia, Brunei, Filipina dan Thailand.
Pada zaman Menteri Kebudayaan Indonesia 2004-2009, Jero Wacik telah membawa keris ke UNESCO dan meminta jaminan bahwa keris adalah warisan budaya Indonesia. Keris memiliki berbagai macam bentuk, misalnya ada yang bilah-nya berkelok-kelok (selalu ganjil jumlah lekukan-nya) da nada pula yang berbilah lurus. 
Keris Adalah Salah Satu Ciri Khas Budaya Indonesia
Kalangan orang Jawa menganggap perbedaan bentuk ini memiliki efek esoteri yang berbeda. Diketahui selain digunakan sebagai senjata, keris juga sering dianggap memiliki kekuatan supranatural atau mistik. Senjata ini sering juga disebut-sebut dalam berbagai legenda tradisional atau sejarah, seperti keris Mpu Gandring dalam legenda Ken Arok dan Ken Dedes.
Dalam tata cara penggunaan keris di masing-masing daerah memiliki cara yang berbeda-beda. Misalnya saja pada daerah Sumatera, Malaysia, Kalimantan, Brunei dan Filipina di tempatkan di depan pinggang. Sedangkan pada daerah Jawa dan Sunda, keris diletakkan di depan belakang pinggang pada masa damai tetapi akan diletakkan di depan ketika masa perang di saat itu. Keris dapat dibedakan dari beberapa senjata tikam lainnya dari bilahnya. 
Karena diketahui bahwa bilah keris tidak terbuat dari logam tunggal saja yang di cor tetapi merupakan suatu campuran berbagai logam yang memiliki berbagai macam logam yang berlapis-lapis pada bagian keris tersebut. Dari hal pembuatan tersebut diketahui bahwa pembuatan keris tersebut memiliki suatu teknik yang sangat khas berupa pamor pada bilahnya. Di dapati bahwa keris memiliki 3 bagian yaitu Pegangan Keris/ Hulu, Sarung Keris/ Warangka, Wilah/ Bilah.
Demikianlah artikel ini dibuat semoga dapat bermanfaat bagi wawasan anda tentang senjata Keris yang merupakan salah satu khas Indonesia.
Salam GENUS (Generasi Penerus)
]]>