Uniknya Sejarah Bom Molotov

Diposting pada

Ilmu Pengetahuan ( Event Zero Indonesia ) Rakyat Indonesia pada umumnya banyak yang sudah mendengar dan mengenal bom Molotov, tapi tahu tidak ternyata bom Molotov yang sangat sederhana ini memiliki sejarah loh. Maka dari itu artikel ini akan menjelaskan sedikit tentang sejarah dari bom Molotov secara ringkas dan mudah dipahami. 


Molotov adalah sebuah bom bakar yang terbuat dari botol yang biasa diisi oleh bensin dan diberi sebuah sumbu. Dari hal tersebut semakin jelaslah bahwa Molotov yang anda ketahui pasti memiliki kesamaan dengan apa yang di definisikan tersebut. Pada bom Molotov hanya memberikan suatu efek terbakar saja karena sebelum di lempar bom yang memiliki sumbu tersebut terlebih dahulu dibakar. Bom Molotov pada awalnya dipergunakan oleh para pejuang Finlandia dalam upayanya menahan invasi Uni Soviet dalam perang musim dingin pada tanggal 30 November 1939.

Uniknya Sejarah Bom Molotov
Vyacheslav Molotov
Penggunaan bom Molotov ini sangat ampuh sekali ketika digunakan untuk menjebak dan merusak tank-tank Uni Soviet, yang membuat tank-tank lawan terpaksa keluar dari tank dan menghadapi dua ancaman sekaligus, serangan tembakan dari pasukan Finlandia dan musim dingin Finlandia yang sangat ganas tersebut. Awal mula sejarah Bom Molotov ini dikatakan bom Molotov yaitu ketika ada gurauan atau sindiran dari rakyat pejuang Finlandia terhadap sesuatu serangan udara Uni Soviet yang menjatuhkan bom di wilayah Finlandia yang menyebutkan bahwa bom-bom itu adalah “roti tangkup Molotov”

Nama Molotov yang dikatakan tersebut adalah Vyacheslav Molotov, kata tersebut ternyata merupakan nama dari menteri luar negri Uni Soviet pada masa pemerintahan Joseph Stalin, yang menandatangani perjanjian baik dengan Jerman/pemerintahan Nazi dengan menteri luar negrinya Joachim Von Ribbentrop, maupun pada saat itu juga dengan menteri luar negri Jepang, Matsuoka yang dikenal dengan Perjanjian Molotov-Matsuoka dimana isinya yaitu bahwa Uni Soviet menyatakan netral, baik dengan Jepang maupun Jerman dengan imbalan bagian timur dari Polandia. Untuk melengkapi “roti tangkup Molotov”, rakyat Finlandia memberinya sebuah bom botol sebagai “cocktail” pelengkap hidangan. Yang dikenal “Molotov Cocktail” atau yang dikenal saat ini dengan sebutan “bom Molotov”. Demikianlah artikel ini dibuat dari berbagai sumber, semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi anda tentang bom Molotov yang kita kenal saat ini. Salam GENUS (Generasi Penerus)
]]>