Tahukah Anda Bakteri Penyebab Penyakit Kusta?

Diposting pada

Ilmu Pengetahuan ( Event Zero Indonesia ) Banyak yang mengira penyakit kusta sangatlah berbahaya. Namun itu berbahaya ketika anda panik dan tidak tenang untuk memikirkan solusinya atau menjadi hal buruk ketika tidak adanya kepedulian dan perhatian terhadap kusta yang dialami. 

Kusta atau lepra atau juga disebut penyakit Morbos Hansen. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit kronis yang dialami oleh setiap penderitanya. Penyakit ini diketahui merupakan tipe sebuah penyakit granulomatosa pada saraf tepi dan mukosa dari saluran pernapasan atas; dan lesi pada bagian kulit yang merupakan suatu tanda yang dapat kita amati dari luar.
Diketahui bahwa bila penyakit kusta ini tidak ditangani, maka penyakit kusta ini dapat sangat progresif, artinya dapat menyebabkan kerusakan pada kulit, saraf-saraf, mata maupun anggota gerak yang mampu dilumpuhkan-nya. 
Perlu diketahui pula bahwa penyakit kusta ini tidaklah seperti yang orang-orang kira pada umumnya yang mengatakan bahwa penyakit kusta ini dapat menyebabkan terjadinya pelepasan anggota tubuh yang begitu mudah. Dan apabila anda pernah melihat atau mendengar terjadinya pelepasan anggota tubuh pada si penderita, hal tersebut tidaklah benar, mungkin itu merupakan jenis penyakit berbeda yang mungkin memiliki kemiripan dengan kusta.
  Tahukah Anda Bakteri Penyebab Penyakit Kusta?
Pada tahun 1940-an diketahui bahwa dalam penanggulangan ataupun pengobatan penyakit kusta ini sudah ditemukan yaitu dengan depson dan derivat-nya namun seiring dengan waktu ternyata bakteri penyebab lepra ini secara perlahan menjadi resisten atau kebal terhadap depson dan kian menyebar. 
Dalam penyakit kusta ini memiliki berbagai jenis kusta dari tingkat rendah, sedang hingga tingkat yang besar/parah. Dari berbagai sumber diketahui ternyata bakteri penyebab kusta ini adalah Mycobacterium leprae. Dari banyak penelitian diketahui bahwa bakteri ini memiliki daya tahan terhadap asam. 
Mycobacterium leprae adalah merupakan bakteri aerobik, gram positif yang memiliki bentuk batang serta dikelilingin oleh membran lilin yang menjadi suatu ciri khas dari bakteri ini.
Berdasarkan banyak penelitian yang dilakukan ternyata masih belum diketahui bagaimana penularan penyakit kusta ini. Namun ada hipotesis mengatakan bahwa penyakit kusta ini merupakan dapat ditularkan dari orang yang terkena kontak langsung dengan orang yang menderita kusta, ada juga mengatakan dari udarah. 
Hingga dilakukan suatu penelitian besar kemungkinan penyakit kusta ini dapat digenerasi-kan dari orang tua ke anaknya. Namun penyakit kusta ini bisa terjadi dari faktor gizi yang buruk pula hingga bakteri ini dapat hinggap di tubuh.
Demikianlah artikel tentang Bakteri Penyebab Penyakit Kusta ini dibuat semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi anda tentang penyakit kusta ini.
Salam GENUS (Generasi Penerus)
]]>