Pernahkah Anda Mencoba Permainan Ini ?

Diposting pada

Ilmu Pengetahuan ( Event Zero Indonesia ) Ketika anda masih kanak- kanak dulu masih sempatkah anda bermain suatu permainan tradisional yang tidak menggunakan uang untuk dapat memainkannya? Mungkin hampir seluruh anak Indonesia pernah memainkan jenis permainan tradisional ini khusus anak- anak Sumatera Utara ini. Salah satu orangnya saja adalah saya dulu di waktu kanak-kanak sungguh sangat merasakan indahnya di masa kanak-kanak saya dulu. Masih bisa merasakan permainan tradisional tersebut di ketimbang anak-anak zaman sekarang yang mungkin sudah terhapuskan oleh perkembangan zaman akan teknologi yang sudah semakin canggih hingga dipermainannya. Berikut permainan tradisional itu :

1. Taratintin / Halip Berondok.

Taratintin / Halip Berondok adalah suatu jenis permainan dengan banyak orang dan terdapat satu orang penjaganya atau orang yang kena hukuman untuk bertugas mencari teman-teman yang bersembunyi pada hitungan dari satu hingga sepuluh namun ada pula yang menghitung dengan cara dari sepuluh hingga seratus tapi kelipatan sepuluh biar tidak capek. 
Pernahkah Anda Mencoba Permainan Ini ?
Ketika menghitung tersebut biasanya yang bertugas menjaga atau yang terkena hukuman, menyandarankan kepalanya sambil menutup mata di dinding atau tembok rumah. Setelah itu penjaga mencarii pemain lain yang bersembunyi, ketika ketemu penjaga menyebut nama pemain yang ketahuan keberadaannya sambil berlari dan menyentuh tembok atau dinding tempat ia menghitung tadi. 

Hal tersebut dilakukan hingga dapat semua anggota pemain yang mengikuti permainan tersebut. Begitulah permainan ini dilangsungkan hingga berturut-turut. Permainan ini akan berakhir ketika semua pemain kelelahan namun biasanya buka hal tersebutlah yang sering membubarkan atau yang mengakhiri jenis permainan tradisional ini melainkan akan berakhir ketika orang tua tiap pemain atau salah satu orang tua pemain dipanggil atau di jemput orang tuanya sebab permainan ini biasanya dilakukan pada malam hati. 

Jadi tentu saja ketika malam sudah muncul, tentu orang tua dari anak-anak tersebut mencari anak-anaknya sebab namanya anak-anak tidak pernah mengenal waktu kalau sudah bermain.

2. Iye-iye (disebut Ye Ye)

Ye ye itulah sebutannya bila kami mengatakannya disini yang merupakan jenis permainan tradisional yang paling utama di khususkan untuk kaum wanita. Namun tidak juga, karena berdasarkan pengalaman saya. 

Saya juga ternyata pernah mencoba jenis permainan ini. Permainan tradisional ye ye ini adalah suatu permainan yang menggunakan gelang karet yang disambung-sambung menjadi panjang. Dimana permainan ini dilakukan dengan cara meloncat-loncati karet sesuai tingkatannya dan terdiri atas 2 penjaga atau lawan untuk memegang karet dan ada beberapa yang memainkan karet. 

Permainan ini bergantian ketika jika seorang pemain yang sedang memainkan karet tidak melaksanakan atau gagal memainkan karet yang disesuaikan level-nya tersebut, maka permainan akan bergantian.
Demikianlah artikel ini dibuat semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi anda tentang permainan tradisional karet yeye dan Taratintin / Halip Berondok ini.

Salam GENUS (Generasi Penerus)
]]>