WS. Rendra Siapakah Dia?

Diposting pada

Ilmu Pengetahuan ( Event Zero Indonesia ) Willibrordus Surendra Bawana Rendra atau biasa disapa dengan WS Rendra. Siapa yang tidak mengenal dramawan yang cukup dikenal dalam drama-drama Indonesia hingga luar negeri dengan begitu banyak karya-karya yang sudah diciptakannya, sehingga WS Rendra dinobatkan sebagai dramawan yang berprestasi.

Tentu saja berprestasi sebab begitu banyak karya-karya yang dihasilkannya, membuat tulisan-tulisan hasil karyanya di ubah ke dalam bahasa asing, di antaranya bahasa Inggris, Jerman, Belanda, India dan Jepang. 

Dari hal tersebut dramawan WS Rendra bukan hanya seorang dramawan yang hanya terkenal di dalam negeri saja melainkan hingga ke mancanegara, sehingga menjadinya sangat dikenal hingga ke mancanegara, sebab karya yang dimiliki suatu kepribadian dan kebebasan sendiri.

WS. Rendra Siapakah Dia?
Hal ini diperjelas oleh Prof. A. Teeuw, pada bukunya Sastra Indonesia Modern II pada tahun 1989 mengatakan, bahwa dalam sejarah kesusastraan Indonesia Modern Rendra tidak termasuk kedalam salah satu angkatan atau kelompok di Angkatan 45, Angkatan 60-an, atau Angkatan 70-an. Melainkan memiliki suatu aliran yang berbeda yang mempunyai kepribadian dan kebebasan sendiri.

Dramawan WS Rendra telah banyak mengikuti suatu festival-festival di luar negeri, di antaranya yaitu pada tahun 1971 dan 1979 di The Rotterdam International Poetry Festival, The Valmiki International Poetry Festival, New Delhi pada tahun 1985 dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Awal mula dramawan WS Rendra terlihat bakatnya yaitu ketika beliau duduk di bangku SMP. Di saat itu ia mulai menulis puisi, cerpen hingga pada naskah drama. Dan kala itu beliau pun aktif dalam menekuni dunia seni drama. Untuk yang pertama kali beliau mempublikasikan puisinya pada media massa pada tahun 1952 melalui sebuah majalah Siasat. Kemudian dramawan WS Rendra semakin gencar untuk membuat berbagai macam puisi-puisinya hingga ke berbagai macam majalah pada era itu, seperti Kisah, Konfrontasi, Seni, Basis dan Siasat Baru.

Hingga ketika di masanya dramawan WS Rendra pada tahun 1967 pulang dari Amerika Serikat, beliau mendirikan Bengkel Teater yang sangat terkenal di Indonesia dan memberikan suatu suasana baru di dalam kehidupan teater di tanah Air. Ketika itu banyak sekali penghargaan yang diterima oleh dramawan WS Rendra di Indonesia.

Demikianlah artikel ini dibuat semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi anda tentang tokoh dramawan WS Rendra.

Salam GENUS (Generasi Penerus)
]]>