Pentingnya Tumbuhan Bagi Manusia

Diposting pada

Ilmu Pengetahuan ( Event Zero Indonesia ) Kebanyakan manusia yang hidup di zaman sekarang ini sudah tidak memiliki rasa tanggung jawab dan adanya suatu prinsip bahwa tumbuhan yang termasuk juga pepohonan begitu sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia baik yang sekarang maupun yang akan datang. 

Hal tersebut biasa kita lihat dengan banyaknya penebangan pepohonan secara ilegal atau tidak adanya suatu penanaman kembali untuk kelangsungan makhluk hidup berikutnya. Pada umumnya hanya mementingkan keegoisan manusia demi meraup keuntungan dan kepuasan masing-masing demi kesejahteraan masing-masing.

Namun apabila tidak adanya tumbuhan maupun pepohonan tentu saja yang sangat susah itu bukan hanya makhluk hidup lain saja tapi juga manusia walau yang sangat dampak merasakan itu paling utama terjadi pada hewan-hewan yang mendiami suatu tumbuhan atau pepohonan di daerah tersebut menjadi beralih ke perkotaan dan akhirnya apa?

Terjadinya suatu emosional yang tinggi dari manusia itu terhadap hewan tersebut yang pindah ke permukiman manusia dan akhirnya terjadinya suatu konflik antara hewan-hewan yang memasuki permukiman warga manusia dengan manusia. 

Pentingnya Tumbuhan Bagi Manusia
Padahal tanpa di sadari oleh manusia tersebut, mengapa hal tersebut terjadi? Sebenarnya bukan karena kemauan hewan tersebut menuju mencari makan ke permukiman warga tapi karena habitat mereka yang sudah rusak dan sudah tidak ada lagi di daerah tersebut sehingga hewan-hewan tersebut berpindah ke daerah permukiman manusia.

Tumbuhan merupakan hampir meliputi semua daerah dan tumbuhan hijau merupakan suatu penghasil oksigen (O2) yang sangat penting bagi manusia maupun makhluk hidup yang membutuhkan oksigen untuk kelangsungan hidupnya. 

Banyak sekali yang harus kita syukuri dan kita jaga dengan peran tumbuhan (seluruh kerajaan plantae) di muka bumi ini sebab dalam ilmunya bahwa hanya tumbuhan sajalah yang mampu menghasilkan makanan sendiri atau sebagai produsen di muka bumi ini bukanlah manusia, manusia hanya berperan sebagai konsumen yang hanya memiliki ketergantungan pada tumbuh-tumbuhan di muka bumi ini. 

Mengapa tidak, banyak tumbuhan (Plantae) yang mampu menghasilkan buah-buahan,tanaman yang mengandung obat herbal, bahan yang pangan maupun sandang lainnya yang hingga saat ini kita tetap memiliki ketergantungan akan tumbuh-tumbuhan (Plantae) yang terus kita hilangkan di muka bumi ini. 

Jadi sebelum anda memusnahkan atau berbuat yang tidak benar terhadap tumbuh-tumbuhan (Plantae), ada baiknya renungkan dan cobalah untuk sadar kembali betapa pentingnya Tumbuhan-tumbuhan (Plantae) demi kebutuhan sekarang maupun yang akan datang.

Demikianlah artikel ini semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi anda tentang betapa pentingnya tumbuhan bagi manusia.

Salam GENUS (Generasi Penerus)
]]>