SEJARAH SINGKAT INTERNET DUNIA

Diposting pada

Ilmu Pengetahuan ( Event Zero Indonesia )

Sejarah perkembangan internet ini dimulai sejak diperkenalkannya suatu telpon komersial pada tahun 1877. Kemudian pada tahun 1927, AT&T membangun telepon transatlantik komersial di London. Hingga pada tanggal 4 Oktober 1957 diluncurkan satelit bumi untuk pertama kalinya. Satelit tersebut kemudian di beri nama Sputnik. Satelit ini diluncurkan oleh Uni Soviet. Kemudian pada tahun 1958 Departemen Amerika Serikat mendirikan ARPA (Advamced Research Projects Agency) untuk mengarahkan proyek dalam bidang riset dan pengembangan.

SEJARAH SINGKAT INTERNET DUNIA


Diketahui bahwa Bell 103 adalah modem komersial pertama yang dijual oleh AT&T pada tahun 1962. Modem ini memiliki kecepatan 300 bit perdetik atau 300 baud. Hingga pada tahun 1962, mulai diterbitkan ON-Line Man –Computer Communication yang membahas konsep tentang Galactic Network yang memungkinkan orang untuk mengakses data dari sembarang situs yang dihubungkan melalui jaringan besar. Kemudian pada saat tahun 1968, DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency) bekerja sama dengan BBN (Bolt, Beranek, & Newman) untuk membuat ARPAnet (US Defense Advanced Research Projects Agency) atau Departemen Pertahanan Amerika.

Lalu pada tahun 1969, jaringan tersebut digunakan untuk kepentingan penelitian oleh perguruan tinggi yang diawali oleh University of California Standford Research Institute dan University of Utah. Kemudian internet digunakan oleh akademisi UCLA untuk kepentingan penelitian dan pengembangan teknologi. Pada tahun 1967-1970 ARPANet kemudian menjadi tulang punggung Internetworking institusi pendidikan, penelitian, industri dan kontraktor dan terutama yang berhubungan dengan jaringan militer (MILNet).

Hingga diperkembangan selanjutnya, pada tahun 1971-1988, Roy Tomlinson dari BNN telah berhasil menciptakan program e-mail. Pada tahun 1975, Stave Walker membuat suatu mailling list dan 4 tahun kemudian (1979), Tom Truscott dan Jim Ellis memperkenalkan USENET. Syimbolik.com tercatat pertama pada tanggal 15 Maret 1985. Lalu pada tahun 1986, ARPANet mulai dikomersilkan dengan mengisolasikan jaringan militer. Namun internet mulai dipergunakan secara terbuka dan bebas untuk kalangan umum pada tahun 1986. Pada tahun ini juga muncul NSFNET (National Science Foundation Network) yang menghubungkan para peneliti di berbagai negara dengan lima buah pusat superkomputer. Kemudian dengan hadirnya NSFNET membuat ARPANet di bubarkan, tepatnya pada tahun 1990 secara resmi. Hingga pada akhirnya pada tahun 1994, America Online mulai memberikan layanan kepada masyarakat internet.

Demikianlah artikel ini dibuat dengan sederhana semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi anda.

Salam GENUS (Generasi Penerus)

 
]]>