MENGENAL MACAM-MACAM ISTILAH DALAM INTERNET

Diposting pada

Ilmu Pengetahuan ( Event Zero Indonesia )


Ketika anda memulai pembrowsingan, mungkin anda menemui banyak sekali istilah- istilah yang mungkin tidak bisa anda mengerti dan pahami. Sehingga anda merasa kurang nyaman ketika belum mengetahui arti dari istilah- istilah tersebut. Artikel saya kali ini dibuat untuk memudahkan anda untuk memahami apa sebenarnya istilah-istilah tersebut. Banyak sekali istilah- istilah yang mungkin anda kurang tau dan mengerti. Berikut adalah istilah-istilah dalam internet;
MENGENAL MACAM-MACAM ISTILAH DALAM INTERNET


1.Browser

Browser merupakan suatu perangkat lunak untuk menjelajahi internet, salah satunya adalah internet explorer.

2.Client

Client merupakan Komputer yang terdapat dalam sebuah jaringan yang berfungsi sebagai penerima layanan. Misalnya komputer kita saat mengakses internet disebut client karena sedang menikmati jasa yang disediakan oleh komputer server.


3.Dowload

Dowload merupakan sebuah proses pengambilan data/file dari komputer server ke komputer client.

4.Bandwidth

Bandwidth merupakan suatu besar kemampuan sebuah jaringan yang dalam mentransfer data dengan jangka waktu tertentu.

5.Login

Login merupakan suatu prosedur untuk memasuki are web tertentu yang dikhususkan untuk pengguna tertentu yang sudah terdaftar. Proses tersebut biasanya dilakukan dengan memasukan identitas (user ID) dan pasword.

6.Logout

Logout merupakan suatu proses dimana keluarnya seorang user dari sebuah area tertentu pada web yang dikhususkan untuk pengguna tertentu yang telah terdaftar. Proses ini merupakan kebalikan dari proses login.

7.Spam

Spam merupakan beberapa email sampah yang tidak penting dan tidak kita inginkan. Biasanya berupa iklan, email berantai, dan sejenisnya.

8.HTTP

HTTP berupa singkatan dari Hyper Text Transfer Protocol. Diketahui merupakan protokol yang digunakan untuk pertukaran informasi melalui internet.

9.HTML

HTML berupa singkatan dari Hyper Text Mark-up Language yang merupakan berbagai jenis macam kode yang membentuk sebuah halaman web. Kode tersebut hanya dapat dibaca dan diuraikan oleh program browser agar dapat ditampilkan sebagai sebuah halaman web di komputer kita.

10.Homepage

Homepage merupakan halaman muka atau halaman utama sebuah web disebut sebagai homepage. Selain berisi ringkasan web, beberapa link, juga kadang terdapat iklan-iklan yang menawarkan berbagai produk atau jasa.

11.URL

URL berupa singkatan dari Uniform Resource Locator yang merupakan sebuah sistem pemberian identitas sebuah web. Pada saat kita menulis nama sebuah web, sebetulnya kita menulis kode atau identitas URL dari web tersebut. Dengan demikian, web tersebut dapat ditemukan dan tampil di layar kita.

Demikianlah artikel ini dibuat semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi anda.

Salam GENUS (Generasi Penerus)

 
]]>