DEFENISI MAN DAN WAN

Diposting pada

Ilmu Pengetahuan ( Event Zero Indonesia )
Di antara banyaknya pengguna jaringan internet, pasti ada saja yang belum mengerti istilah MAN dan WAN dalam jaringan internet. Dalam artikel ini akan sedikit menjelaskan tentang defenisi dan yang berkaitan dengan MAN maupun WAN agar anda lebih paham dan mengerti apakah itu MAN dan WAN. Sebab pengetahuan ini sangat baik untuk menambah wawasan tentang sebuah jaringan MAN dan WAN. MAN merupakan singkatan dari Metropolitan Area Network dan WAN merupakan singkatan dari Wide Area Network. 
Berikut merupakan penjelasan singkat dari kedua jaringan tersebut.

A. MAN (Metropolitan Area Network)

DEFENISI MAN DAN WAN
Metropolitan Area Network atau jaringan area metropolitan merupakan suatu jaringan yang meliputi area yang lebih besar dari LAN. Dengan kata lain, MAN merupakan jaringan LAN dalam lingkup yang lebih besar. MAN pada umumnya digunakan untuk menghubungkan beberapa buah jaringan-jaringan kecil dalam lingkungan are yang lebih besar. Diketahui juga bahwa MAN digunakan untuk menghubungkan beberapa kantor seperti cabang sebuah bank di dalam sebuah kota besar. Contoh banknya itu bisa dilihat dari keberadaan bank Mandiri yang berada di seluruh Jakarta dan Bandung, bisa juga dicontohkan pada kantor-kantor dinas yang dihubungkan yang memiliki letak yang sangat berdekatan.

B. WAN (Wide Area Network)

DEFENISI MAN DAN WAN

Sedangkan diketahui pada WAN (Wide Area Network) yang bila dibahasa Indonesiakan yang berarti jaringan area skala besar. WAN merupakan suatu jaringan yang ruang lingkup geografisnya mencakup area yang sangat luas. Pada umumnya WAN ini bisa mencakup sebuah negara, bahkan sebuah benua. Diketahui bahwa jaringan ini umumnya sudah menggunakan sarana satelit ataupun kabel bawah laut sebagai media penghubungnya. Dari beberapa penjelasan tersebut sudah dapatlah dibayangkan siapa-siapa atau lembaga-lembaga yang bagaimana yang menggunakan WAN ini. Diketahui dari beberapa sumber bahwa WAN ini digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar yang sudah memiliki cabang di berbagai negara dan benua. Misalnya saja sebuah bank yang sudah memiliki berbagai cabang di beberapa negara bahkan benua. Bila dicontohkan saja apabila sebuah bank x (Indonesia) memiliki cabang di Amerika Serikat dapat langsung dengan cepat melakukan suatu komunikasi atau berhubungan sehingga memiliki suatu efisiensi waktu dan jarak yang sangat baik. Dan biasanya pula penggunaan WAN ini tidak luput digunakan oleh instansi pemerintahan.
Demikianlah artikel ini dibuat semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi anda.
Salam GENUS (Generasi Penerus)
]]>