Tahukah Anda Penggunaan Transformator

Diposting pada

Ilmu Pengetahuan ( Event Zero Indonesia ) Sebelum anda mengetahui apakah guna dari transformator, ada baiknya anda mengetahui apa yang dimaksud dengan transformator tersebut, agar semua dapat anda mengerti lebih jelas lagi. 

Pengertian Transformator

Transformator adalah salah satu alat listrik yang banyak digunakan pada bidang tenaga listrik dan bidang elekromagnetik. Jadi secara jelasnya transformator adalah suatu alat listik yang dapat memindahkan dan mengubah energi listrik dari satu atau lebih rangkaian listrik ke rangkaian listrik ke rangkaian listrik lain dengan frekuensi yang sama melalui suatu gandengan magnet dan berdasarkan prinsip induksi magnetik.
[post_ads]
Nah, pada bidang tenaga listrik, transformator digunakan mulai dari pusat pembangkit tenaga listrik sampai ke rumah-rumah. Penggunaan transformator ini tentu saja memiliki peran yang sangat besar dalam perkembangan zaman yang semakin maju ini. Dari defenisi yang telah dipaparkan bahwa transformator tidak lepas dari dunia kelistrikan maupun bidang elektromagnetik. 

Prinsip Kerja Transformator

Sebelum ditransmisikan tegangan yang dihasilkan oleh pembangkit dinaikkan terlebihi dahulu dengan menggunakan sebuah transformator daya dengan tujuan untuk mengurangi kerugian energi yang terjadi saat listrik ditransmisikan. Kemudian sebelum digunakan oleh konsumen, tegangan akan diturunkan lagi secara bertahap dengan menggunakan transformator distribusi, diketahui bahwa sesuai dengan peruntukannya seperti kawasan industri, komersil maupun perumahan. transformator yang dimanfaatkan di rumah tangga pada umumnya mempunyai ukuran yang lebih kecil, seperti yang digunakan untuk menyesuaikan tegangan dari peralatan rumah tangga listrik dengan suplai daya yang tersedia.
Tahukah Anda Penggunaan Transformator

Penggunaan Transformator

Transformator biasanya dengan ukuran yang lebih kecil lagi digunakan pada perangkat elektronik seperti radio, televisi, dan sebagainya. Tentu saja memiliki ukuran yang lebih kecil karena alat elektronik biasanya tidak memiliki ukuran yang sangat besar seperti hal nya yang digunakan dalam industri maupun suatu pembangkit tenaga listrik. Sebab dari bahan atau alat yang dimiliki kecil tentu transformatornya pun harus memiliki ukuran yang lebih kecil agar lebih mendukung dalam penempatan serta pemasangannya dalam suatu alat tersebut.

Hingga berkembang dengan pesatnya dunia ini, menuntut suatu ide-ide kreatif yang mengharuskan para kreator tidak melepaskan peran transformator dalam penggunaan suatu alat-alat yang penting khususnya dalam pembuatan sebuah mesin. Lihat saja mesin ATM, siapa yang mengira bahwa mesin ATM merupakan salah satu alat yang tidak lepas dari peran transformator yang mempermudah kita dalam pengambilan secara cash maupun pengiriman uang tanpa harus menjumpai orang yang ingin kirimkan uang tersebut. Tentu dari hal tersebut sangat efisienkan.

Demikianlah artikel ini dibuat semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi anda tentang penggunaan transformator. Salam GENUS (Generasi Penerus)
]]>