Anatomi Pembuluh Darah Jenis Dan Fungsi

Diposting pada

Pembuluh darah merupakan bagian tubuh yang sangat penting dan bersifat vital, karena itulah pelajaran tentang anatomi pembuluh darah ini mulai diperkenalkan sejak bangku sekolah pertama. Nah, apakah Anda sudah tahu dan paham mengenai Anatomi pembuluh darah pada tubuh Anda??
Pembuluh merupakan sebuah saluran yang mendistribusikan darah ke seluruh jaringan tubuh. Pada manusia terdapat dua sistem tertutup tabung.
[caption id="attachment_623" align="aligncenter" width="544"]Anatomi Pembuluh Darah Anatomi Pembuluh Darah[/caption]

Berikut Macam dan Jenis Anatomi Pembuluh Darah Beserta Fungsinya :

1. Nadi atau Arteri

Pembuluh Arteri berfungsi untuk membawa darah dari jantung ke seluruh jaringan tubuh. Arteri dibagi menjadi dua menurut tugas dan cabangnya, yaitu :
Pembuluh Arteri Pulmonalis
Pembuluh Arteri Pulmonalis bertugas untuk membawa atau mengalirkan darah menuju paru-paru. Pembuluh Aorta, atau disebut juga pembuluh darah besar
 
Pembuluh ini berfungsi untuk membawa darah menuju seluruh jaringan tubuh. Di pangkal batang nadi terdapat sebuah klep berbentuk seperti bulan sabit atau Valvula Semilunaris yang berguna sebagai penyetabil agar aliran darah tetap searah.

2. Balik atau Vena

Sesuai dengan namanya, pembuluh Vena ini pembuluh yang berfungsi mengalirkan darah dari seluruh jaringan tubuh kembali balik ke jantung. Pembuluh darah Vena dibagi menjadi 3 jenis menurut fungsinya, yaitu:
a. Pembuluh Vena Pulmonalis
Pembuluh Vena Pulmonalis berfungsi untuk membawa darah dari paru-paru menuju ke jantung. b. Pembuluh Vena Cava Inferior
 
Pembuluh Vena Cava Inferior  adalah yang membawa darah dari bagian bawah tubuh menuju ke jantung. c. Pembuluh Vena Cava Superior
 
Pembuluh Vena Cava Superior yaitu pembuluh yang membawa darah dari bagian atas tubuh menuju ke jantung

d. Halus atau Kapiler

Pembuluh Kapiler ini merupakan pembuluh halus ada di seluruh jaringan tubuh kita, pembuluh  Kapiler berhubungan langsung dengan pembuluh Arteri serta pembuluh Vena.
Pembuluh Kapiler terdiri dari suatu lapisan sel pipih, yang mengalirkan darah secara efisien diseluruh jaringan. Proses pertukaran material pada pembuluh darah Kapiler ke dalam sel terjadi akibat sistem transport aktif dan mekanisme difusi.
Aliran darah di dalam pembuluh Kapiler lebih lambat sehingga proses pertukaran darah menjadi lebih efektif, beberapa jenis pembuluh Kapiler diantaranya, Venule yaitu pembuluh  kapiler dari vena dan Arteriole yaitu pembuluh kapiler dari arteri.
Itulah beberapa pengertian, jenis, dan fungsi dari anatomi pembuluh darah, semoga bahasan kita kali ini bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda.
]]>