Cara Menyembuhkan Nyeri Otot

Diposting pada

Menyembuhkan nyeri otot. Nyeri otot atau yang disebut pula dengan myalgia merupakan rasa sakit yang timbul pada bagian otot. Kondisi ini bisa dialami oleh semua orang. Nyeri otot biasanya disebabkan oleh aktivitas yang berlebihan, tingkat ketegangan atau bisa pula karena cedera akibat olahraga berat atau mungkin bekerja. Nyeri otot bisa muncul di kala anda tengah beraktivitas atau mungkin saat anda beristirahat.

Mengingat hampir seluruh tubuh manusia terdapat jaringan otot, maka nyeri otot bisa dirasakan pada bagian tubuh manapun. Kondisi nyeri otot, bukan hanya melibatkan satu otot saja melainkan juga melibatkan fasia, ligamen, dan tendon.

Menyembuhkan Nyeri Otot

Cara Menyembuhkan Nyeri Otot

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menangani nyeri otot seperti:

1. Konsumsi obat

Ada beberapa jenis obat-obatan yang kini banyak dijual di pasaran untuk meredakan nyeri otot. Beragam jenis obat seperti parasetamol atau ibuprofen bisa diandalkan untuk mengatasi nyeri otot yang anda rasakan.

2. Kompres es

Bukan hanya enak digunakan sebagai bahan campuran minuman, namun nyatanya es juga bisa digunakan untuk meredakan nyeri otot. Caranya cukup mudah yakni dengan menempelkan es batu pada bagian tubuh anda yang terasa sakit. Lakukan selama 1 hingga 3 hari.

3. Istirahat

Istirahat merupakan cara yang cukup ampuh untuk membantu menyembuhkan tubuh dari berbagai jenis penyakit apapun termasuk nyeri otot.

4. Pijat

Selain istirahat, pihat juga bisa dilakukan untuk menghindarkan tubuh dari nyeri otot. Lakukan pijatan lembut pada bagian yang terasa nyeri.

5. Yoga

Yoga dan meditasi menjadi cara yang cukup ampuh dalam meredakan ketegangan yang muncul pada otot anda. Melakukan yoga serta meditasi juga membantu anda untuk selalu berpikir jernih. Keuntungan lainnya yang bisa anda dapatkan dari jenis olahraga ringan ini adalah pikiran yang lebih segar.

Nyeri otot merupakan salah satu jenis gangguan kesehatan ringan yang bisa disembuhkan sendiri tanpa bantuan oleh ahli medis. Namun ada beberapa kondisi yang mengharuskan anda ke dokter jika nyeri otot yang anda derita, mengalami berbagai gejala di bawah ini:

  • Semakin parah dengan rasa sakit yang menyiksa
  • Rasa sakit yang diderita tidak kunjung hilang bahkan memakan waktu lama
  • Penanganan di rumah tidak membuahkan hasil
  • Nyeri otot disertai dengan gejala kesehatan yang lannya seperti pembengkakan atau munculnya ruam
  • Nyeri otot muncul akibat gigitan kutu
  • Nyeri muncul setelah anda mengonsumsi jenis obat tertentu
demikian artikel tentang cara menyembuhkan nyeri otot. Terimakasih dan semoga bermanfaat.]]>

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *