Mengenal Teori dan Susunan Tata Surya

Diposting pada

Tata Surya

Pada materi kali ini, kami akan mengupas lebih dalam mengenai teori yang berhubungan dengan Tata Surya serta apa saja susunan yang terdapat pada sistem peredaran planet tersebut. [caption id="attachment_822" align="aligncenter" width="719"]Susunan Tata Surya Susunan Tata Surya[/caption]

Oke langsung saja, berikut ini adalah ulasan atau penjelasan lengkapnya. Semoga bermanfaat.

Pengertian Tata Surya

Apakah definisi dari Tata Surya? Tata Surya merupakan susunan dari benda-benda yang ada di langit kita, yang terdiri dari bintang atau disebut dengan matahari, dan semua objek yang masuk dalam gravitasi-nya.

Beberapa objek lainnya meliputi 8 planet, 5 buah planet kerdil, 173 buah satelit alami yang berhasil tercatat, serta jutaan benda-benda langit seperti meteor, komet, dan asteroid.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa masa matahari lebih besar jika dibandingkan dengan objek-objek lain yang ada di dalam susunan Tata Surya. Hal itulah yang menjadi alasan matahari memiliki gaya gravitasi yang kuat sehingga mampu membuat benda-benda tersebut melintasi matahari melalui lintasan orbit.

Susunan Tata Surya

1. Matahari

Pusat gravitasi ini berada pada posisi utama dalam susunan Tata Surya dan juga memiliki kemampuan untuk memancarkan cahaya sendri. Bintang berukuran besar ini memiliki ukuran diameter sebesar 1.392.500 km.

Menurut para ahli, matahari terdiri dari 70% hidrogen, 25% helium, dan 5% gas-gas lainnya. Perkiraan suhu pada matahari yaitu sekitar 60.000°C. selain itu,matahari juga memiliki beberapa bagian, yaitu sebagai berikut :

  • Lapisan paling luar dan nampak abu-abu ketika gerhana. Ketebalannya 700.000 km dengan suhu 1 juta Kelvin.
  • Berperan sebagai atmosfer, dengan ketebalan 2000 km dan suhu 4.500 Kelvin.
  • Merupakan bagian dari bumi yang memberikan cahaya pada kehidupan. Ketebalannya 300 km dan suhu 6.000 Kelvin.
  • Inti Matahari. Massa dari lapisan paling dalam ini adalah setengah dari massa matahari.

2. Planet

a. Merkurius

[caption id="attachment_823" align="aligncenter" width="350"]Tata Surya Planet Merkurius Planet Merkurius[/caption]

Planet pada posisi terdekat dengan matahari ini memiliki diameter 4.862 km. Jaraknya dengan matahari mencapai 58 juta km dengan suhu siang hari sebesar 430°C dan saat malam hari mencapai -170°C.

b. Venus

[caption id="attachment_824" align="aligncenter" width="350"]Tata Surya Planet Venus Planet Venus[/caption]

Planet kedua ini berjarak 108 juta km dari pusat Tata Surya dan bergaris tengah 12.100 km. Kondisi di Venus sangat kering karena memiliki suhu 480°C.

Dari bumi kita, Venus akan nampak seperti bintang dengan cahaya indah dan sering terlihat sebelum matahari terbit dan beberapa saat setelah senja.

c. Bumi

[caption id="attachment_825" align="aligncenter" width="350"]Tata Surya Planet Bumi Planet Bumi[/caption]

Satu-satunya planet yang memiliki kehidupan ini berdiameter 12.750 km dengan jarak 150 juta km dari matahari. Bumi memiliki sebuah lapisan pelindung yang disebut atmosfer, sehingga saat siang hari suhu di bumi tidak terlalu panas dan saat malam hari tidak terlalu dingin.

Bumi juga memiliki sebuah benda yang mengelilinginya atau sering kita sebut dengan bulan.

d. Mars

[caption id="attachment_826" align="aligncenter" width="350"]Tata Surya Planet Mars Planet Mars[/caption]

Planet ini dianggap mirip dengan bumi. Namun, suhuya cenderung rendah. Pada siang hari sebesar -13°C dan saat malam dapat mencapai -80°C. Mars memiliki diameter 6780 km.

Pada planet yang berwarna kemerahan ini terdapat Gunung Olympus yang memiliki tinggi dua kali lipas Gunung Everest. Dan juga terdapat dua satelit yaitu Fobos dan Demos, serta dikelilingi dengan atmosfer tipis.

e. Jupiter

[caption id="attachment_827" align="aligncenter" width="350"]Tata Surya Planet Jupiter Planet Jupiter[/caption]

Planet terbesar di Tata Surya ini memiliki diameter 143.000 km. Jupiter memiliki 16 satelit dan yang paling besar bernama Ganymeda. Planet ini juga memiliki atmosfer tipis.

f. Saturnus

[caption id="attachment_828" align="aligncenter" width="350"]Tata Surya Planet Saturnus Planet Saturnus[/caption]

Planet terbesar kedua ini dikelilingi dengan cincin yang terdiri dari debu dan partikel kecil berwarna kekuningan. Suhu di Saturnus mencapai -145°C dan memiliki 21 satelit. Satelit terbesar bernama Titan.

g. Uranus

[caption id="attachment_829" align="aligncenter" width="350"]Tata Surya Planet Uranus Planet Uranus[/caption]

Planet ini berputar berlawanan arah dengan planet lain dan memiliki diameter 49.700 km. Palnet bersuhu -180°C ini memiliki 15 satelit dengan ukuran terbesar bernama Ariel.

h. Neptunus

[caption id="attachment_830" align="aligncenter" width="350"]Tata Surya Planet Neptunus Planet Neptunus[/caption] Jarak tengah Neptunus mencapai 48.600 km dengan suhu -190°C. Terdapat dua satelit yang mengelilingi yaitu Nereid dan Triton.

3. Satelit

[caption id="attachment_831" align="aligncenter" width="350"]Tata Surya Satelit Satelit[/caption]

Satelit merupakan benda langit yang mengelilingi sebuah planet ketika planet tersebut mengelilingi matahari. Contohnya adalah bulan yang merupakan satelit alami pada bumi.

4. Asteroid

[caption id="attachment_832" align="aligncenter" width="350"]Tata Surya Asteroid Asteroid[/caption]

Merupakan benda berukuran yang berkeliling di sekitar bumi dengan lintasan edar yang disebut Sabuk Asteroid. Lintasan edar tersebut banyak ditemukan di sekitar Mars dan Jupiter yang saat ini disebut dengan Ceres, Junov, Vesta, dan Palas.

5. Komet

[caption id="attachment_833" align="aligncenter" width="350"]Tata Surya Komet Komet[/caption]

Benda berjarak paling jauh dari matahari ini terdiri dari salju, debu, dan es yang memiliki ukuran sebesar gunung.

6. Meteoroid

[caption id="attachment_834" align="aligncenter" width="350"]Tata Surya Meteorid Meteorid[/caption]

Benda-benda kecil di langit ini melayang tanpa suatu lintasan. Meteor akan tampak berpijar ketika bergesekan dengan atmosfer dan akan hancur sebelum masuk ke dalam bumi.

Demikian uraian tentang Tata Surya. Semoga bermanfaat. ]]>

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *