Panca Indera Beserta Fungsinya

Diposting pada

Panca Indera dan Fungsinya

Panca indera merupakan alat yang didesain khusus bagi manusia untuk bisa mengenal dunia di lingkungan sekitar mereka. Manusia mempunyai alat indera sebanyak 5.

Dalam pendidikan, indera merupakan konsep yang paling awal diajarkan. Hal ini bertujuan agar para siswa bisa mendefinisikan lingkungan, bereaksi dan bertindak setelah berhasil mendefinisikan lingkungan, serta memunculkan tindakan bertahan dan beradaptasi.

Kehidupan manusia tidak akan berjalan sempurna jika tidak mempunyai panca indera. Berikut ini adalah ulasan panca indera yang ada pada tubuh manusia lengkap beserta fungsinya:

1. Mata : Sebagai Indera Penglihat

[caption id="attachment_867" align="aligncenter" width="453"]Panca Indera Mata Panca Indera Mata[/caption]

Mata disebut sebagai indera penglihat yang berfungsi untuk melihat keadaan yang ada di sekitar manusia. Bagian yang menyusun mata tidak hanya berupa bola mata saja, akan tetapi bagian yang menyusun mata sangat kompleks, meliputi:

a. Kornea

Kornea bisa juga disebut selaput bening. Berfungsi sebagai penerus cahaya yang sudah masuk kedalam mata. Kemudian cahaya yang berhasil masuk ke mata tersebut berakhir di retina, atau selaput jala.

b. Iris

Iris bisa disebut juga selaput pelangi. Letak iris berada di belakang kornea. Ditengah-tengah selaput pelangi ada celah yang biasa disebut pupil, atau anak mata.

c. Pupil

Pupil bisa disebut juga anak mata. Berfungsi sebagai pengatur sedikit banyaknya cahaya yang masuk kedalam mata. Karena cahaya yang bisa masuk kedalam mata tidak boleh terlalu banyak dan berlebihan.

d. Badan Bening

Badan bening adalah bagian mata yang mempunyai fungsi menerukan cahaya yang sudah masuk kedalam pupil.

e. Lensa

Lensa mempunyai fungsi mengatur fokus cahaya yang masuk kedalam mata. Mata yang fokus membuat cahaya yang masuk kedalam retina tepat.

Cahaya yang sudah tepat masuk kedalam mata dapat membuat objek yang terlihat mata nampak jelas. Mempunyai daya akomodasi, yaitu mencembung dan memipihnya lensa mata.

f. Syaraf Mata

Syaraf mata senidir mempunyai fungsi untuk menggerakkan organ mata, contohnya kemampuan mata untuk berkedip. Syaraf mata juga sebagai pengirim impuls ke otak. Selain syaraf mata, syaraf-syaraf panca indera yang lainnya juga berhubungan erat dengan sistem jaringan pusat yang ada di otak.

2. Hidung : Sebagai Indera Pembau

[caption id="attachment_868" align="aligncenter" width="448"]Panca Indera Hidung Panca Indera Hidung[/caption]

Hidung bisa menangkap bau karena mempunyai syaraf yang memang berguna sebagai penangkap bau. Hidung mempunyai bagian-bagian penting yang menyusunnya, yaitu:

a. Rambut Halus

Rambut halus berfungsi sebagai penyaring udara, yang juga peka terhadap bau.

b. Kumpulan ujung syaraf-syaraf pembau

c. Serat syaraf

Serat syaraf sebagai pengirim rangsangan bau kedalam otak.

3. Telinga : Sebagai Indera Pendengar

[caption id="attachment_869" align="aligncenter" width="467"]Panca Indera Telinga Panca Indera Telinga[/caption]

Jumlah telinga pada badan manusia adalah sepasang (2 buah). Dan masing-masing mempunyai 3 bagian lagi yang menyusunnya. 3 bagian itu meliputi:

a. Telinga Dalam

Berada di bagian dalam telinga dalam terdapat rumah siput adan juga tingkap jorong, yang berfungsi sebagai penerus rangsang suara yang telah diterima kedalam otak.

b. Telinga Tengah

Penyusun telinga tengah terdiri dari tulang pendengar, gendang telinga, dan juga saluran eustace. Tulang pendengar dan gendang telinga mempunyai fungsi bisa bergetar, sedangkan saluran eustaceus sendiri berfungsi sebagai penghubung antara rongga mulut dan rongga telinga.

c. Telinga luar

Telinga luar tersusun dari lubang telinga, daun telinga, dan saluran telinga luar. Telinga luar berfungsi sebagai penangkap getar suara yang ada di sekitar.

4. Kulit

[caption id="attachment_870" align="aligncenter" width="411"]Panca Indera Kulit Panca Indera Kulit[/caption]

Merupakan bagian tubuh yang peka rangsangan, karena mempunyai syaraf peka. Kulit ujung jari dan ujung bibir merupakan bagian kulit yang sensitif. Kulit berfungsi sebagai alat ekskresi yang disebabkan oleh kelenjar keringat.

Kulit dapat membedakan rasa, rasa dingin ,panas nyeri, dan masih banyak yang lain. Kulit terdiri dari lapisan epidermis, hypodermis dan dermis.

5. Lidah: Sebagai Indera Pengecap atau Perasa

[caption id="attachment_871" align="aligncenter" width="409"]Panca Indera Lidah Panca Indera Lidah[/caption]

Letak lidah berada didalam mulut. Di bintil-bintil lidah terdapat syaraf pengecap, yang disebut papila. Bagian-bagian lidah mempunyai peka terhadap rasa tertentu, yaitu:

a. Rasa manis

Rasa manis terdapat di ujung lidah.

b. Rasa asam dan asin

Rasa asam dan asin terdapat di samping lidah.

c. Rasa pahit

Rasa pahit terdapat di pangkal lidah.

Demikian informasi mengenai panca indera dan fungsinya yang terdapat dalam diri manusia. Semoga membantu. ]]>

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *