Pengertian Dan Jenis-Jenis Paragraf

Diposting pada

Jenis Paragraf dan Pengertian Paragraf

Dalam pelajaran Bahasa Indonesia, kita seringkali menyebutkan tentang paragraf, namun terkadang masih ada beberapa yang belum mengerti arti dari paragraf. Paragraf merupakan rangkaian dari beberapa kalimat yang memiliki 1 kalimat pokok dan beberapa kalimat penjelas. Kalimat pokok atau bisa disebut juga dengan kalimat utama adalah kalimat yang isinya berupa sebuah kesimpulan atau masalah yang menjadi topik utama, sedangkan kalimat penjelas adalah kalimat yang menjelaskan kalimat pokok atau kalimat utama. Ada beberapa jenis paragraf yang akan dibahas dalam artikel ini.

Selain itu, kalimat penjelas biasanya tidak berdiri sendiri dan baru jelas jika dihubungkan dengan kalimat lainnya yang masih berada dalam paragraf dengan isinya yang berupa keterangan, data, rincian serta contoh yang dapat mendukung kalimat utama.

[caption id="attachment_874" align="aligncenter" width="650"]Jenis Paragraf Pengertian Paragraf[/caption]

Paragraf memiliki fungsi untuk mengekspresikan gagasan seseorang dalam bentuk tulisan. Selain itu paragraf juga membantu mempermudah untuk mengembangkan topik karangan. Paragraf ini terdiri dari beberapa jenis, yaitu berdasarkan posisi kalimat pokok dan berdasarkan isi paragraf. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut:

Jenis Paragraf Berdasarkan Posisi Kalimat Pokok

Paragraf jika ditinjau dari segi posisi kalimat pokok ada 4 jenis, yaitu:

Paragraf Deduktif

Paragraf Deduktif merupakan paragraf yang kalimat pokoknya berada di awal paragraf dengan ciri-ciri kesimpulan yang berada di awal paragraf.

Paragraf induktif

Paragraf induktuf merupakan kebalikan dari paragraf deduktif, yaitu paragraf yang kalimat pokoknya berada di akhir paragraf dan merupakan kebalikan dari paragraf deduktif dengan ciri-ciri kesimpulan ada di akhir paragraf, sedangkan di bagian awal paragraf menjelaskan tentang peristiwa yang bersifat khusus.

Paragraf campuran

Paragraf campuran merupakan kombinasi dari paragraf deduktif dan paragraf indukti, artinya paragraf campuran ini kalimat pokoknya berada di awal kemudian disebutkan ulang di akhir paragraf

Paragraf narasi

Paragraf Narasi adalah paragraf yang tidak punya kalimat pokok dalam artian semua kalimat yang ada dalam paragraf sifatnya adalah penting.

Jika tidak terbiasa dalam melakukan identifikasi paragraf, mungkin seseorang akan kesulitan untuk menentukan jenis paragraf apa yang tengah dibacanya. Kunci utama untuk menentukan jenis paragraf adalah dengan menemukan kalimat utama terlebih dahulu.

Cara mudah untuk menemukan kalimat utama adalah dengan mengidentifikasi ide pokok terlebih dahulu. Biasanya bisa berdiri sendiri serta terdapat permasalahan yang dapat dikembangan dan memiliki makna yang jelas tanpa harus dihubungkan dengan kalimat yang lainnya.

Selain latihan, tentu seseorang harus paham terlebih dahulu mengenai pengertian-pengertian serta ciri-ciri dari paragraf berdasarkan letak kalimat utama, seperti yang telah dijelaskan diatas.

Jenis Paragraf Berdasarkan Isi

Setelah menjelaskan mengenai jenis paragraf berdasarkan posisi kalimat utama di atas, sekarang adalah penjelasan mengenai jenis paragraf berdasarkan isi, yakni sebagai berikut:

1. Paragraf narasi

Paragraf narasi adalah paragraf yang isinya berupa cerita tentang suatu peristiwa, dengan ciri-cirinya adalah memiliki sudut pandang, memiliki alur atau jalan cerita dan memiliki setingg, tokoh dan konflik

2. Paragraf argumentasi

Paragraf argumentasi yaitu paragraf yang isinya berupa gagasan dan ide dengan didukung oleh bukti dan alasan yang kuat yang mampu meyakinkan pembaca akan isi paragraf tersebut.

Adapun ciri-cirinya adalah paragraf tersebut disertai dengan bukti baik yang berupa tabel, data ataupun gambar dan digunakan untuk menulis karya yang sifatnya ilmiah atau non fiksi.

3. Paragraf deskripsi

Paragraf deskripsi yaitu paragraf yang isinya menjabarkan atau menerangkan tentang suatu objek yang bisa berupa benda atau tempat sehingga pembaca juga dapat merasakan apa yang telah ditulis oleh sang penulis.

4. Paragraf persuasi

Paragraf persuasi adalah paragraf yang memiliki tujuan untuk meyakinkan serta membujuk para pembaca dengan didukung oleh fakta dan bukti, sehingga paragraf persuasi ini otomatis memiliki ciri-ciri penggunaan bahasa yang menarik sehingga mampu membujuk dan meyakinkan pembaca supaya percaya.

5. Paragraf eksposisi

Paragraf eksposisi adalah paragraf yang isinya adalah memaparkan tentang suatu fakta, teknik atau teori sehingga dapat menambah wawasan pembaca. Adapun ciri-cirinya adalah sifatnya nonfiksi atau ilmiah serta tidak memiliki maksud untuk mempengaruhi para pembaca serta ditulis berdasarkan fakta

Demikian uraian mengenai pengertian paragraf dan jenis-jenis paragraf, semoga dapat menambah wawasan Anda serta mempermudah Anda dalam mengidentifikasi suatu paragraf. Semoga bermanfaat. ]]>

0 thoughts on “Pengertian Dan Jenis-Jenis Paragraf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *