Manfaat Telur Bagi Kesehatan Tubuh

Diposting pada

Manfaat Telur

Telur merupakan salah satu jenis makanan favorit bagi banyak orang. Terutama telur ayam. Siapapun itu, entah itu di luar maupun dalam negeri, telur menjadi sebuah makanan istimewa yang bisa dibuat menjadi banyak varian makanan.  Dengan cara memasak yang bervariasi, anda akan menghasilkan menu harian yang tidak membosankan sekaligus menyehatkan bagi seluruh anggota keluarga.  Dalam hal nutrisi, telur ternyata tidak kalah dengan jenis makanan yang lain. Lantas apa saja manfaat telur bagi kesehatan tubuh manusia? [caption id="attachment_912" align="aligncenter" width="447"]Manfaat Telur Bagi Kesehatan Tubuh Manfaat Telur Bagi Kesehatan Tubuh[/caption]

Berikut ini kami ulas, berbagai manfaat mengkonsumsi telur untuk kesehatan Anda.

1. Kaya Akan Kandungan Protein

Telur merupakan salah satu sumber protein bagi tubuh. Protein berguna untuk merangsang pertumbuhan, memperbaiki jaringan tubuh yang mengalami kerusakan serta membantu pembentukan jaringan baru dalam tubuh.

Di dalam telur terdapat setidaknya 9 jenis asam amino yang tidak dihasilkan oleh tubuh. Kesembilan jenis asam amino tersebut hanya bisa didapat manusia dari sumber makanan yang dikonsumsi.

2. Bagus Untuk Mata

Telur merupakan makanan yang bagus bagi kesehatan mata karena mengandung vitamin A. Jarang mengkonsumsi vitamin A, membuat kesehatan mata menurun. Tidak hanya itu, namun kekurangan vitamin A juga meningkatkan seseorang mengalami gangguan penglihatan seperti katarak dan degerenasi makula.

Telur juga mengandung Lutein dan Zeaxanthin yang berperan sebagai antioksidan untuk meningkatkan kualitas mata.

3. Sumber Folat dan Beberapa Jenis Vitamin B

Tahukah anda jika ternyata bagian putih dan kuning telur memiliki kandungan nutrisi yang berbeda? Dalam putih telur terkandung zat baik yakni ribllflavin, selenium juga vitamin esential layaknya niasin betain, b12, kollin dan folat.

Kandungan telur yang berupa folat bagus untuk ibu hamil. Folat digunakan untuk membantu perkembangan bayi sekaligus menurunkan resiko bayi terlahir cacat.

4. Mengandung Kolin

Bagi anak- anak, kolin berpengaruh besar terhadap perkembangan otak mereka. Kolin juga menjadi salah satu nutrisi yang harus dicukupi oleh ibu hamil. Kelebihan lainnya dari kolin adalah untuk membantu pembangunan membran sel, memperbaiki daya ingat serta untuk memproduksi molekul sinyal pada otak.

Demikian informasi mengenai manfaat yang terkandung dalam sebuah telur. Walaupun segudang manfaat bisa Anda dapatkan dari mengkonsumsi makanan ini, tetapi tentunya bukan serta merta bisa dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Karena apapun makanannya dan sebagus apapun khasiatnya, tetap ada aturan atau batasan idealnya. Mengkonsumsi telur seminggu 3-5 kali adalah saran terbaik untuk anda. ]]>

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *