Pengertian Evolusi Secara Biogeografi, Berikut Buktinya

Diposting pada

Pengertian Evolusi Secara Biogeografi ~ Pernahkah Anda memikirkan bagaimana bentuk nenek moyang manusia pertama kali muncul di bumi ini ?

Atau bagaimana bentuk kehidupan makhluk hidup yang pertama kali berjalan di bumi sebelum adanya berbagai spesies seperti sekarang ini?

Sejak kemunculannya pertama kali di bumi, makhluk hidup mengalami proses perubahan biologis yang biasa disebut dengan evolusi.

Menurut berbagai proses pengamatan dan penelitian. Jenis-jenis makhluk hidup yang hidup pada masa lampau tentu saja berbeda dengan jenis makhluk hidup yang hidup pada masa kini.

Makhluk hidup di masa lampau tersebut mengalami proses evolusi atau proses perubahan menyimpang dari struktur aslinya sehingga memunculkan spesies baru yang terjadi dalam kurun waktu yang lama.

Berdasarkan dari bukti-bukti kehidupan di masa lalu itulah maka muncul suatu teori evolusi yang bertujuan menjelaskan proses perubahan makhluk hidup tersebut. [caption id="attachment_990" align="aligncenter" width="502"]Pengertian Evolusi Secara Biogeografi Pengertian Evolusi Secara Biogeografi[/caption]

Pengertian Evolusi Secara Biogeografi

Pengertian Evolusi

Evolusi dalam bahasa latin berasal dari kata evolut yang berarti menggulir. Dalam bahasa Inggris, evolusi memiliki arti berkembang atau berubah. Evolusi dianggap sebagai sejarah biologis keberadaan makhluk hidup dari waktu ke waktu.

Sedangkan biologi evolusi merupakan suatu cabang biologi yang mempelajari semua perubahan yang terjadi pada makhluk hidup sejak awal mula hingga masa kini.

Dengan mempelajari evolusi, kita dapat mempelajari sejarah masa lalu makhluk hidup beserta kaitannya dengan kehidupan di masa kini.

Selain itu, kita juga mempelajari bagaimana kehidupan suatu makhluk itu mengalami kepunahan dan mengapa masih ada yang bertahan hingga saat ini.

Bukti Evolusi Secara Biogeografi

Proses evolusi yang terjadi pada kehidupan suatu makhluk hidup dapat dibuktikan melalui berbagai bukti evolusi yang ada di sekitar kita. Salah satunya yakni melalui bukti biogeografis.

Pengertian Biogeografi

Biogeografi merupakan salah satu cabang dari ilmu Biologi yang mempelajari makhluk hidup dan geografi dalam kaitannya terhadap penyebaran dan distribusi hewan dan tumbuhan berikut beserta cara dan asal penyebarannya. Dengan kata lain, biogeografi merupakan cabang ilmu yang mempelajari distribusi organisme di permukaan bumi.

Menurut ilmu biogeografi, kemunculan suatu spesies baru berawal pada suatu tempat, baru kemudian menyebar keluar dari tempat asalnya.

Namun, penyebaran spesies ini tidak dapat melewati batas-batas alami yang dipisahkan oleh daerah biogeografis yang besar.

Sehingga, walaupun suatu lingkungan atau suatu daerah biogegrafis itu memiliki kemiripan dengan daerah asal spesies tersebut atau identik dengan daerah yang lain, spesies yang menempatinya tidaklah sama.

Bukti-Bukti Evolusi Secara Biogeografi

Proses evolusi biogeografis yang terjadi pada makhluk hidup dapat dilihat dari bukti-bukti berikut ini :

1. Bentuk paruh burung Finch di kepulauan Galapagos.

Jika diamati, burung Finch yang hidup di kepulauan Galapagos memiliki bentuk paruh yang mirip dengan bentuk paruh nenek moyang burung Finch yang hidup di Amerika Serikat.

Kemungkinan di masa lalu mereka bermigrasi ke Galapagos kemudian beradaptasi dengan lingkungan dan jenis makanan yang tersedia di pulau tersebut. Proses adaptasi inilah yang kemudian memunculkan 14 spesies burung Finch dengan bentuk dan ukuran paruh yang berbeda.

2. Keberadaan hewan sejenis kanguru (marsupial ) di Australia.

Di Australia terdapat hewan sejenis kanguru (marsupial) yang memiliki kantong sebagai tempat menyusui anaknya. keberadaan kanguru ini tidak ditemukan di tempat lain hanya ada di Australia saja.

3. Keberadaan tanaman kaktus di Amerika Utara

Keberadaan habitat tanaman kaktus (family Cactaceae) dalam jumlah besar hanya terdapat di gurun pasir sebelah tenggara Amerika Serikat dan gunung pasir Andes. Habitat kaktus ini tidak ditemukan di tempat lain, dimanapun di bumi selain di tempat ini.

Demikian pengertian evolusi secara biogeografi dan bukti yang menunjukkan adanya proses evolusi pada makhluk hidup.

Dengan mempelajari bukti evolusi secara biogeografi, kita dapat mengetahui alasan suatu spesies itu melakukan distribusi dan bagaimana kaitannya terhadap habitat dan daerah asal mula mereka.

]]>

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *