Pengertian Dan Pemahaman Istilah Berawal Huruf B

Diposting pada

Istilah Berawal Huruf B [caption id="attachment_1450" align="aligncenter" width="650"]Istilah Berawal Huruf B Istilah Berawal Huruf B[/caption] Pengertian dan pemahaman istilah berawal huruf B

Bardeen, John

John Bardeen (1908-1991) adalah salah seorang ahli fisika pemegang Hadiah Nobel dalam bidang fisika sebanyak dua kali. Bardeen memperoleh Hadiah Nobel pertamanya karena menemukan komponen elektronika, yaitu  transistor. Kemudian hadiah Nobel kedua, ia terima untuk karyanya tentang superkonduktivitas. Pada tahun 1977, ia menerima penghargaan Presidential Medal of Freedom, yaitu penghargaan tertinggi yang dianugerahkan kepada penduduk sipil Amerika Serikat.

Barn

Satuan  tekanan yang besarnya sama dengan 100.000 pascal. Satuan ini biasa digunakan dalam bidang meteorologi.

Barometer

Alat pengukur tekanan udara atmosfer. Ada beberapa jenis barometer, antara lain adalah
  • Barometer fortin,
  • Barometer air, dan
  • Barometer aneroid.

Batas Resolusi

Jarak pisah terpendek dari suatu benda titik sehingga bayangan yang dihasilkan masih dapat terlihat dengan jelas sebagai dua titik yang terpisah.

Baterai

Salah satu sumber tegangan listrik yang terdiri dari elemen kering dan tidak menggunakan larutan kimia cair Larutan elektrolitnya adalah ammonium klorida.

Bayangan

Hasil dari pencerminan dari suatu benda yang terbentuk dari cermin, lensa, atau alat optik. Bayangan yang dihasilkan adalah memiliki sifat yang berbeda-beda tergantung pada objek pembentuk bayangan dan letak bendanya, serta bayangan juga dapat diperbesar atau diperkecil.

Becquerel

Satuan unit aktivitas radiasi dalam sistem internasional. 1 bacquerel = 2,7 x 10-11 curie.

Becquerel, Henry

Henry Becquerel (1852-1908) adalah seorang ahli fisika dari Prancis. Bacquerel merupakan penemu radioaktivitas ketika mengamati bahwa elemen uranium memancarkan sinar yang tidak dapat dilihat oleh mata manusia. Henry kemudian menggunakan sinar ini untuk menghitamkan pelat foto. Satuan radioaktivitas diambil dari namanya, yaitu Becquerel atau biasa disingkat Bq.

Benda Hitam

Benda yang permukaannya demikian rupa sehingga mampu menyerap semua radiasi yang datang ke permukaannya dan tidak ada hasil radiasi yang dipantulkan keluar dari benda itu.

Benda Tegar

Benda yang memiliki ukuran yang tidak dapat diubah atau mengalami proses perubahan bentuk dan volume jika diberi gaya luar. Hal ini disebabkan oleh partikel di dalam benda itu tidak mengalami perpindahan sehingga tidak mengubah keadaan benda.

Berat

Gaya yang dipengaruhi oleh bumi terhadap suatu benda yang arahnya selalu mengarah ke pusat bumi. Berat bergantung pada gravitasi bumi. Oleh karena itu, ukuran berat suatu benda akan berubah-berubah bergantung pada ketinggian dan lokasi benda itu berada.

Berat Jenis

Berat per satuan volume benda. Nilai berat jenis berubah-ubah sesuai lokasi benda berada karena berat jenis juga dipengaruhi oleh gravitasi bumi.

Besaran

Semua hal yang dapat diukur dan dapat dinyatakan dengan angka. Ada dua jenis besaran dan dikenal, yaitu besaran pokok dan besaran turunan.

Besaran Pokok

Besaran yang satuannya telah ditetapkan terlebih dahulu dan tidak diturunkan dari besaran lain. Ada tujuh besaran pokok, yaitu:
  • Panjang ,
  • Massa,
  • Waktu,
  • Suhu,
  • Kuat arus,
  • Intensitas cahaya, dan
  • Jumlah zat.

Besaran Skalar

Besaran yang hanya memiliki besar atau nilai saja. Yang termasuk besaran skalar adalah
  • Panjang,
  • Massa, dan
  • Waktu.

Besaran Sudut

Besaran yang menyatakan posisi benda pada gerak sudut melingkar. Besaran ini dinyatakan dalam satuan radian atau derajat.

Besaran Turunan

Besaran yang diturunkan dari besaran pokok sehingga satuannya merupakan kombinasi satuan besaran pokok yang menurunkannya. Istilah Berawal Huruf B

Besaran Vektor

Besaran yang memiliki nilai dan juga arah. Yang termasuk besaran scalar adalah
  • Kecepatan,
  • Percepatan, dan
  • Gaya.

Bidang Ekipotensial

Bidang yang setiap titik pada bidang itu memiliki potensial listrik yang sama besarnya.

Bilangan Avogadro

Bilangan yang menyatakan jumlah molekul dalam 1 mol gas dan besarnya sama dengan 6,02 x 1023 molekul/ mol.

Bilangan Kuantum Magnetik

Bilangan kuantum yang menyatakan orientasi orbital dalam ruang dan nilainya berkaitan dengan bilangan kuantum orbital. Bilangan ini menyatakan arah momentumsudut yang diberi lambang m. Nilai m dibatasi oleh ℓ yaitu -ℓ, …, 0,…,+ℓ

Bilangan Kuantum Orbital (Azimut)

Bilangan kuantum yang menyatakan besar momentum sudut electron. Bilangan ini dilambangkan dalam ℓ dan besarnya dibatasi oleh nilai n, yaitu dari 0 sampai (n-1). Besar momentum sudut dinyatakan dengan: L= √(〖l (l〗^ +〖1)h〗^ )

Bilangan Kuantum Spin

Bilangan yang menentukan spin dari momentum sudut elektron dan dilambangkan dalam s. Momentum sudut spin hanya memiliki dua arah sehingga bilangan ini memiliki dua nilai, yaitu +1/2 dan -1/2. Nilai +1/2 menyatakan gerak perputaran searah jarum jam dan -1/2 menyatakan gerak electron yang berlawanan dengan arah perputaran jarum jam.

Bilangan Kuantum Utama

Bilangan kuantum yang menyatakan tingkat energy electron. Bilangan ini diberi lambang n yang nilainya dari 1 sampai tak terhingga.

Black

Joseph Black (1720-1799) ialah seorang ilmuwan Inggris yang meneliti mengenaik pertukaran kalor pada suatu zat dan menyimpulkan bahwa kalor yang dilepaskan oleh suatu zat akan sama dengan kalor yang diserap oleh zat lain. Hal ini menunjukkan adanya kekekalan energi pada pertukaran kalor. Asas ini dikenal sebagai asas Black.

Bohr. Niels

Bohr (1885-1962) adalah salah seorang ilmuwan fisika yang berasal dari Denmark yang menerapkan konsep mekanika kuantum dalam model atom Rutherford. Pada tahun 1913, Bohr mengemukakan model stuktur atom menurut pandangannya. Dalam teori atom Bohr, untuk menetapkan keadaan stationer electron hanya diperlukan satu bilangan kuantm, yaitu bilangan kuantum utama n. Selain itu, menurut Bohr, electron bergerak dalam lingkaran mengelilingi inti dengan jarak tetap darinya. Apabila electron tetap berada di satu tempat, tidak aka nada energy yang dilepaskan. Pada tahun 1992, Bohr menerima Hadiah Nobel dalam bidang fisika.

Boltzman

Boltzman (1844-1906) ialah seorang ahli fisika yang mempunyai peran besar dalam pengembangan teori kinetic gas dan juga merumuskan radiasi benda hitam. Boltzman menemukan suatu tetapan yang menentukan energi kinetikrata-rata molekul gas yang besarnya 1,38 x 10-23 J/K. Tetapan itu disebut tetapan Boltzman.

Bom Atom

Bom yang menggunakan inti atom suatu unsur sebagai bahan peledak.

Bunyi

Suatu gejala yang dihasilkan dari getaran suatu partikel atau benda. Bunyi memerlukan zat perantara untuk merambatkan getaran. Getaran bunyi yang merambat dari satu tempat ke tempat lain disebut gelombang bunyi dantermasuk gelombang longitudinal. Syarat terjadinya bunyi adalah ada sumber, ada zat perantara, dan ada pendengar. Zat perantara bunyi dapat berupa zat cair, padat, ataupun udara. Istilah Berawal Huruf B]]>

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *