Pengertian dan Pemahaman Istilah Berawal Huruf E

Diposting pada

Istilah Berawal Huruf E [caption id="attachment_1461" align="aligncenter" width="650"]Istilah Berawal Huruf E Istilah Berawal Huruf E[/caption] Pengertian dan Pemahaman Istilah Berawal Huruf E

Efek Compton

Proses penghamburan foton dari sinar X oleh elektron setelah terjadi tumbukan. Setelah tumbukan, panjang gelombang foton akan menjadi lebih besar, tetapi frekuensinya menjadi lebih kecil. Energi foton berkurang karena sebagian diberikan kepada elektron
Λ = Λ0 + h/mc (1- cosθ)

Efek Doppler

Proses yang berkaitan dengan bunyi. Efek doppler ini terjadi saat ada suatu gerak relative antara sumber bunyi dan pengamat. Jika antara pengamat dan sumber saling mendekati, maka frekuensi bunyi yang didengar pengamat menjadi lebih timggi dari frekuensi yang dipancarkan oleh sumber. Namun, jika antara pengamat dan sumber saling menjauh, pengamat mendengar frekuensi bunyi lebih rendah daripada kepada elektron
fp =(V-Vp)/(V-Vs) . fs

Efek Fotolistri

Proses keluarnya elektron dari suatu permukaan saat dikenai radiasi elektromagnetik atau peristiwa terpancarnya elektron dari permukaan suatu logam ketika dikenai cahaya dengan frekuensi yang sesuai.
W = hfo = hc/λo

Efek Rumah Kaca

Efek rumah kaca pertama kali ditemukan oleh Joseph Fourier pada tahun 1824. Efek rumah kaca adalah sebuah proses dimana atmosfer memanaskan sebuah planet. Efek rumah kaca dapat digunakan untuk menunjuk dua hal berbeda, yaitu efek rumah kaca alami yang terjadi secara alami di bumi dan efek rumah kaca ditingkatkan yang terjadi akibat aktivitas manusia. Efek rumah kaca diakibatkan oleh naiknya konsentrasi gas karbon dioksida (CO2) dan gas-gas lainnya di atmosfer. Kenaikan kandungan gas CO2 ini disebabkan oleh kenaikan pembakaran bahan bakar minyak, batu bara, dan bahan bakar organik lainnya yang melebihi kemampuan tumbuh-tumbuhan dan laut untuk mengabsorbsinya. Selain gas CO2, ada senyawa- senyawa lain yang juga dapat menimbulkan efek rumah kaca, yaitu SO2, NO, dan NO2, serta beberapa senyawa organic seperti CH4 dan CFC. Gas-gas tersebut juga memegang peranan penting dalam meningkatkan efek rumah kaca. Pengertian dan Pemahaman Istilah Berawal Huruf E

Efek Zeeman

Peristiwa terpisahnya garis-garis dalam suatu spektrum pada saat sumber spektrum dipaparkan pada medan magnetik. Jarak antara garis-garis yang terpisah ini bergantung pada kuat medan magnetiknya. Satu garis tunggal dapat terpecah/terbagi menjadi tiga garis apabila arah medan magnetic tegak lurus lintasan cahaya dan pecah menjadi dua apabila arah medan sejajar lintasan cahaya.

Efisiensi Termal Mesin Kalor

Efisiensi termal dari semua mesin kalor reversible atau irreversible dirumuskan sebagai berikut.
η =1- Q1/Q2
  • Q1 adalah panas yang ditransfer ke mesin kalor pada temperature tinggi.
  • Q2 adalah panas yang ditransfer ke mesin kalor pada temperature rendah.
Hampir semua mesin kalor mempunyai efisiensi termal di bawah 40 persen. Nilai ini relative rendah jika dibandingkan dengan 100 persen. Nilai ini tidak harus dibandingkan dengan 100 persen, tetapi harus dibandingkan dengan efisiensi sebuah mesin kalor reversible yang beroperasi di antara batas temperature yang sama.

Einstein, Albert

Albert Einstein (1879-1955) adalah salah seorang ahli fisika yang berhasil menemukan teori relativitas khusus yang berkaitan dengan partikel kecepatan tinggi. Einstein juga menyatakan bahwa hukum fisika berlaku untuk semua kerangka acuan inersial.
E= mc2
  • E = energy (joule)
  • m = massa (kg)
  • c = kecepatan cahaya (m/s)
Rumus ini menjelaskan bahwa massa dapat diubah menjadi energi. Pada tahun 1921, Einstein medapat penghargaan Hadiah Nobel dalam bidang fisika atas karyanya mengenai pengaruh fotolistrik. Pengertian dan Pemahaman Istilah Berawal Huruf E

Elastisitas

Sifat dari beberapa bahan yang memungkinkan bahan kembali ke ukuran semula setelah tegangan yang diberikan ditiadakan. Elastisitas juga menunjukkan sifat kekuatan atau kekakuan suatu bahan terhadap gaya luar yang diterapkan pada bahan tersebut.

Elektrodinamika

Salah satu bidang ilmu yang mempelajari tentang muatan listrik yang bergerak dan gaya yang disebabkan oleh medan listrik dan medan magnet.

Elektrolisis

Proses kimia yang terjadi akibat adanya aliran arus listrik dalam suatu elektrolit. Proses penguraian senyawa oleh energi listrik biasanya berlangsung dalam sel elektrolisis.

Elektron

Elektron adalah partikel penyusun materi yang bermuatan listrik negative, bermassa 9,1 x 10-31 kg, dan bermuatan 1,6 x 10-19 C. Elektron dapat dihasilkan dari peluruhan beta.

Elemen Primer

Elemen primer adalah unsur yang tidak dapat diisi muatan listrik kembali jika muatan listriknya telah habis.

Elemen Sekunder

Elemen sekunder adalah unsur yang dapat diisi muatan listrik kembali juka muatan listriknya telah habis.

Emisivitas

Satuan ukuran pemancaran radiasi kalor suatu benda dibandingkan dengan benda hitam sempurna. Emisivitas diberi lambang e. Nilainya dari 0< e< 1. Nilai ini bergantung pada jenis zat dan keadaan permukaan benda.

Energi Air

Energi yang dihasilkan dari aliran air. Energi air dapat dirubah sebagi pembangkit energi listrik. Air mengerakkan turbin. Gerakan turbin ini membuat generator membangkitkan listrik.

Energi Ambang

Batas energi kinetik pada sebuah proses. Suatu proses tidak akan berlangsung jika besar energi kinetiknya di bawah energi ambang tersebut.

Energi Angin

Energi yang dihasilkan dari aliran udara atau angin. Energi ini juga dapat digunakan sebagai pembangkit energi listrik.

Energi Cahaya

Energi yang dihasilkan oleh gelombang elektromagnetik. Energi cahaya dihasilkan dari suatu sumber cahaya seperti matahari. Energi cahaya yang dihasilkan oleh matahari menjadi sumber energi yang utama bagi kehidupan di bumi.

Energi Dalam

Energi menyeluruh yang dimiliki oleh molekul zat yang berkaitan dengan energi mikroskopik. Energi dalam juga didefinisikan sebagai jumlah energi kinetik seluruh molekul gas yang terdapat di dalam wadah tertutup. Energi dalam biasa dikaitka dengan pembahasan teori kinetic gas.
U = N Ek
  • U = energy dalam
  • Ek = energy kinetic
  • N = jumlah molekul gas

Energi Elektromagnetik

Energi yang berkaitan dengan radiasi elektromagnetik. Radiasi elektromagnetik adalah kombinasi medan listrik dan medan magnet yang berosilasi dan merambat lewat ruang dan membawa energi dari satu tempat ke tempat yang lain. Salah satu bentuk radiasi elektromagnetik adalah cahaya yang terlihat. Muatan listrik yang memiliki percepatan akan memancarkan radiasi elektromagnetik. Radiasi elektromagnetik merambat pada frekuensi yang sama dengan arus listrik. Gelombang elektromagnetik dapat bersifat seperti gelombang dan partikel. Gelombang elektromagnetik dianggap sebagai gelombang jika dilihat dari kecepatan, panjang gelombang, dan frekuensinya. Jika dipertimbangkan sebagai partikel , gelombang elektromagnetik dianggap sebagai foton. Pengertian dan Pemahaman Istilah Berawal Huruf E

Energi Ikat Inti

Energi yang diperlukan untuk memutuskan inti menjadi ukuran atau neutron pembentukannya. Energi ikat merupakan ukuran kestabilan suatu inti. Total energi ikat suatu inti tergantung pada jumlah neukleon dalam inti tersebut. Suatu ukuran kestabilan yang lebih berguna adalah energy ikat per nukleon.

Energi Ionisasi

Energi yang diperlukan elektron untuk lepas dari inti atom. Energi ini merupakan energi minimum yang diperlukan untuk mengionisasi elektron atau mengeluarkan elektron dari keadaan dasar.

Energi Kalor

Dari gerakan partikel-partikel pada suatu zat, dihasilkan suatu energi yang disebut energi kalor. Jadi energi kalor adalah energi yang dihasilkan dari gerakan partikel-partikel penyusun suatu zat.

Energi Kimia

Energi yang tersimpan dalam zat dan dapat diubah ke bentuk energi lain melalui reaksi kimia. Energi kimia juga dapat didefinisikan sebagai energi yang terkandung dalam persenyawaan kimia.

Energi Kinetik

Energi yang dimiliki suatu benda karena geraknya. Energi ini berbanding lurus dengan massa benda dan kuadrat kecepatan gerak benda.
Ek = 1/2 .m.v2
Bentuk energi kinetik diantaranya adalah energy translasi, rotasi, vibrasi, panas dan bunyi.

Energi Kinetik Gerak Harmonik

Energi kinetic yang berkaitan dengan gerak harmonik.
Ek = 1/2 kA2 cos2(ωt + θ)
  • ω = √(k /m)
  • Ek = energy kinetic (joule)
  • m = massa benda
  • k = bilangan gelombang
  • A =amplitude
  • ω = kecepatan sudut (rad/s)

Energi Kinetik Rotasi

Energi kinetik yang dimiliki oleh benda yang bergerak rotasi.
Ek = ½ I ω2
I = momen inersia (kg m2)

Energi Listrik

Energi yang dihasilkan dari suatu suatu sumber listrik. Energi listrik berkaitan dengan arus atau pergerakan electron. Energi listri juga dapat didefinisikan sebagai energi yang disebabkan oleh adanya aliran muatan listrik dalam suatu rangkaian listrik tertutup.

Energi Mekanik

Gabungan energi kinetik dan energi potensial yang dimiliki oleh suatu benda. Energi mekanik suatu benda bernilai tetap jika tidak ada gaya luar yang bekerja pada benda tersebut. Energi mekanik system pada posisi akhir sama dengan energy mekanik system pada posisi awal.

Energi Potensial

Energi yang dimiliki oleh suatu benda karena kedudukannya atau ketinggiannya terhadap acuan.

Energi Potensial Elastis

Energi potensial elastis oleh sebuah busur panah yang ditarik dengan gaya tertentu yang besarnya bergantung pada kedudukan awal dan akhir busur tersebut. Pengertian dan Pemahaman Istilah Berawal Huruf E

Energi Potensial Gravitasi

Energi yang dimiliki oleh benda karena kedudukannya dalam medan gravitasi. Energi potensial gravitasi dipengaruhi oleh percepatan gravitasi bumi. Jika suatu benda bermassa m berada pada ketinggian h, maka energi potensial gravitasinya adalah hasil kali massa dengan percepatan gravitasi dan ketinggian benda tersebut.
Ep = mgh
  • Ep= energy potensial (J)
  • m = massa (kg)
  • g = gravitasi (m/s2)
  • h = ketinggian (m)

Energi Potensial Listrik

Energi potensial yang dimiliki oleh suatu muatan pada tempat tertentu yang berada dalam medan listrik. Energi ini sama dengan usaha yang dibutuhkan untuk memindahkan muatan tersebut dari titik tak terhingga ke titik tersebut.

Energi Potensial Pegas

Energi potensial yang dimiliki oleh suatu pegas sebagai energy elastis pegas.
Ep = ½ k x2
  • x = simpangan dari gerak yang diukur dari titik keseimbangan (m)
  • k = tetapan pegas

Energi Termal

Energi yang berkaitan dengan getaran pada molekul. Semua bentuk energi dapat diubah menjadi energi termal, tetapi energi termal tidak dapat dengan mudah diubah menjadi bentuk energy lain. Hukum II termodinamika mengatur mengenai masalah ini.

Entropi

Sifat zat yang menunjukkan ketidakteraturan pada tingkat mikroskopik. Entropi merupakan ukuran ketidakteraturan suatu system yang diperkenalkan sehubungan dengan hikim II termodinamika. Dalam termodinamika,entropi biasanya dinyatakan sebagai perubahan entropi (ΔS) yang berarti pertukaran panas antar sistem dengan lingkungan yang bersifat reversible dibagi dengan suhunya.
ΔS=q/T
  • ΔS = perubahan entropi
  • Q = pertukaran panas
  • T = suhu

Episenter

Titik yang terletak diatas permukaan bumi dan tepat di atas titik pusat gempa bumi. Episenter merupakan titik yang dapat menimbulkan suatu getaran besar di permukaan bumi.

Eter Medium

Medium yang diduga berada dan mengisi ruang angkasa. Medium ini menyebabkan energi elektromagnetik dapat merambat dari sumbernya. Eter juga dapat diartikan unsur sangat halus yang memenuhi lapisan teratas ruang angkasa. Pengertian dan Pemahaman Istilah Berawal Huruf E]]>

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *